12 Cara Menghilangkan Plak Gigi Alami

Banyak orang yang tidak menyadari akan pentingnya kebersihan gigi. Padahal tidak sedikit makanan dan minuman yang dimakan terkadang mampu merusak gigi jika tidak setelah makan atau minum gigi tidak dibersihkan. Makanan yang bisa menyebabkan gigi cepat kotor misalnya makanan yang bersantan, cokelat, ice cream, kue kering, gorengan, mi instan, dan sebagainya.

Sementara itu, minuman yang menyebabkan gigi cepat kotor yaitu minuman bersoda, kopi, susu, es cendol, dan sebagainya. Jika sudah memakan makanan atau meminum minuman tersebut, sebaiknya jangan lupa sikat gigi dengan bersih. Bila perlu setiap sehabis makan, karena jika malas membersihkan gigi, maka akan menimbulkan plak di gigi, bahkan akan menimbulkan bau mulut. Dengan begitu akan membuat Anda kurang percaya diri terutama ketika berbicara dengan orang lain.

Di samping itu, plak gigi menjadi masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Plak gigi adalah lapisan bertekstur lengket atau kotoran yang dibentuk oleh bakteri dalam mulut dari sisa makanan dan protein yang menempel pada gigi, lidah, dan gusi.

Plak gigi dapat menutupi permukaan gigi dan merusak email gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang. Terkadang plak gigi dianggap sebagai karang gigi, padahal keduanya memiliki perbedaan. Karang gigi merupakan noda kekuningan atau kecoklatan yang terdapat di permukaan gigi yang biasanya terletak di garis antara gigi dengan gusi, yang terjadi karena air liur yang mengeras atau kotoran bakteri dan plak yang membuatnya menjadi berkerak. Itulah perbedaan plak gigi dan karang gigi.

Jika karang gigi dibiarkan, dalam jangka panjang akan menimbulkan bau mulut dan timbulnya noda kecoklatan pada gigi akibat bakteri yang sudah berkembang biak, hingga menyebabkan gigi keropos. Oleh sebab itu, dilihat dari penyebabnya, plak gigi yang mengeras merupakan penyebab dari karang gigi.

Penimbunan plak gigi disebabkan karena beberapa faktor, yaitu teknik menyikat gigi yang salah dan tidak sesuai dengan anjuran dokter, malas dan tidak rutin menyikat gigi terutama setelah sarapan dan sebelum tidur, banyak mengkonsumsi makanan yang dapat merusak gigi, faktor keturunan, serta kurangnya kesadaran menjaga dan merawat gigi dan mulut.

Plak atau karang gigi tidak bisa dibiarkan karena baik plak atau karang gigi lepas sendiri adalah hal yang tidak mungkin. Jika dibiarkan terlalu lama, maka plak dan karang gigi tersebut akan semakin menempel dan sulit dihilangkan, sehingga terjadi akan terjadi kerusakan gigi.

Plak gigi merupakan awal dari masalah gigi yang lebih serius yaitu gigi keropos atau kerusakan gigi, gigi berlubang dan gigi copot. Untuk itu, terdapat beberapa cara mencegah plak gigi yang harus Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

  • Menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi hingga gusi secara teratur. Menggunakan benang gigi dapat mengangkat kotoran dari makanan yang tertinggal di sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.
  • Menyikat lidah dengan benar. Selain menyikat gigi, lidah juga harus disikat karena sisa makanan juga dapat mengendap di lidah dan pertumbuhan bakteri yang ada di lidah juga dapat menyebabkan plak.
  • Sikat gigi minimal 2 kali sehari. Menyikat gigi menggunakan pasta gigi setidaknya 2 kali sehari yaitu saat setelah sarapan dan sebelum tidur. Untuk hasil yang maksimal, gunakan sikat gigi berbahan nilon yang lembut agar tidak melukai gusi.
gambar Cara Menghilangkan Plak Gigi
Pic Source: Pixabay.com

Cara Menghilangkan Plak Gigi

Plak gigi menjadi masalah karena dapet menyebabkan masalah lain seperti sarro, yaitu kondisi dimana residu sisa makanan lebih keras dan meningkatnya jumlah kapur gigi sehingga menyebabkan pendarahan dan halitosis. Untuk menjaga kesehatan gigi dan memeriksakan adanya profilakis dalam, maka setiap orang dianjurkan untuk memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Namun sebagian besar orang malas memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi karena takut atau enggan mengeluarkan biaya perawatan gigi. Meskipun demikian, Anda tetap dapat melakukan cara menghilangkan plak gigi secara alami dengan cara berikut ini:

1) Menggunakan Baking Soda

Baking soda merupakan bahan yang ampuh untuk menetralkan asam di dalam mulut, hingga mengurangi jumlah bakteri berbahaya yang berkembang biak dalam mulut. Selain itu, baking soda juga dapat membersihkan gigi kuning akibat plak pada gigi.

Sebaiknya membersihkan gigi menggunakan baking soda maksimal 2 kali seminggu dan menggunakan baking soda secukupnya agar tidak merusak enamel pada gigi.

Cara menghilangkan plak gigi yang keras menggunakan baking soda:

  • Ambil baking soda secukupnya pada sikat gigi yang sudah dibasahi.
  • Kemudian, gunakan untuk menyikat gigi secara perlahan.
  • Setelah itu, gunakan air hangat untuk membilas gigi dan membersihkan bekas-bekas soda sikat gigi.

Cara lain menggunakan baking soda yaitu mencampurkan sebanyak 1 sendok teh baking soda dengan hydrogen peroksida secukupnya hingga menjadi  pasta. Setelah itu, gosok gigi menggunakan campuran bahan tersebut untuk menggosok gigi dan gusi, kemudian bilas dengan cara berkumur hingga bersih.

Berikutnya ada pula cara menggunakan baking soda untuk mengatasi plak gigi dengan mencampurkan sebanyak 1 sendok teh garam dengan 2 sendok teh baking soda. Kemudian gosok gigi menggunakan campuran bahan tersebut dan bilas hingga bersih.

2) Menggunakan Daun Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit gusi akibat plak dan karang gigi, karena lidah buaya mengandung antimikroba atau pembunuh bakteri yang menjadi penyebab penumpukan plak dan bau mulut.

Cara menghilangkan plak pada gigi menggunakan lidah buaya tersebut yang pertama yaitu belahlah daun lidah buaya untuk mengambil gelnya. Setelah itu, gunakan gel tersebut untuk menggosokkan langsung pada gigi dan gusi.

Kemudian biarkan selama kurang lebih sepuluh menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih. Gunakan gel lidah buaya ini setidaknya dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

3) Menggunakan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mengandung zat anti-plak yang tentunya bisa menghilangkan plak dan juga mengandung zat anti inflamasi serta analgesic untuk mengurangi pembengkakan atau nyeri pada gusi.

Selain itu, zat anti bakteri yang terkandung dalam ekstrak daun jambu biji juga sudah teruji dapat menghambat perkembangan bakteri streptococcus yang menyebabkan plak gigi.

Cara membersihkan karang gigi menggunakan daun jambu biji:

  • Cuci daun jambu biji yang masih cukup muda terlebih dahulu, kemudian kunyah hingga halus.
  • Setelah itu, buanglah ampas daun jambu tersebut.
  • Lalu gunakan untuk kumur membersihkan mulut.
  • Lakukan cara ini setiap hari untuk mengurangi resiko pembentukan plak da karang gigi.

Cara lainnya yaitu gunakan selembar daun jambu biji muda, kemudian beri garam di atasnya. Setelah itu, kunyah daun jambu yang ditaburi garam tersebut. Jangan lupa membilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari hingga plak pada gigi menghilang.

4) Menggunakan Cuka Putih

Cuka putih mengandung asam asetat dan anti bakteri yang berkhasiat membantu mencegah demineralisasi enamel dan mencegah atau mengurangi penumpukan plak yang sudah parah. Cara menggunakan cuka yaitu campurkan 2 sendok teh cuka putih dan 1 sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat untuk berkumur, lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari.

5) Menggunakan Cengkeh

Selain dapat meredakan sakit gigi, cengkeh juga mampu menjadi anti-plak dan mengatasi mikroba yang berkembang di mulut yang menyebabkan plak dan karang gigi.

Cara menggunakan menggunakan cengkeh tersebut yaitu campurkan 1 sendok teh cengkeh bubuk dan sedikit minyak zaitun, kemudian oleskan pada gigi.

Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari. Selain itu, Anda bisa juga mengunyah langsung 2 siung cengkeh untuk menjaga dan mengatasi bau mulut.

6) Mengkonsumsi Keju

Mengkonsumsi keju dapat meningkatkan produksi air liur alkali untuk menetralkan asam. Selain itu, keju juga dapat mencegah karies gigi karena meningkatkan kalsium dan fosfor dalam plak gigi. Keju yang baik untuk mengatasi plak ini adalah keju tanpa tambahan gula dan keju yang bertekstur sedikit keras. Lebih baik mengkonsumsi keju setelah makan agar dapat mencegah pembentukan plak.

7) Menggunakan Kulit Jeruk

Biasanya kulit jeruk digunakan untuk memutihkan gigi atau penghilang noda pada gigi secara alami, dan tentunya juga dapat membersihkan plak gigi. Kulit jeruk mengandung limonene untuk mencegah plak tanpa mengikis enamel gigi dan vitamin C untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme dalam mulut terutama pada gigi.

Cara yang dapat dilakukan yaitu gosokkan bagian dalam kulit jeruk secara langsung pada gigi dan gusi sebelum tidur. Biarkan selama semalaman dan bilas keesokan harinya. Ulangi cara ini secara rutin untuk menjaga agar gigi tetap putih dan bersih.

8) Menggunakan Biji Asam Jawa atau Asam Kawak

Biji asam jawa dapat mengatasi plak gigi yang membandel. Cara menggunkannya adalah dengan menumbuk 3 buah biji asam jawa sampai halus lalu campurkan dengan air hangat secukupnya hingga teksturnya seperti pasta gigi. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

9) Mengkonsumsi Apel

Apel merupakan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan zat-zat yang dapat menumpas plak dan karang gigi. Cara menggunakan apel ini sangat mudah karena Anda tinggal mengkonsumsinya secara rutin.

10) Mengunyah Biji Wijen

Biji wijen dapat berfungsi sebagai scrubs untuk membersihkan gigi dan mencegah munculnya karang gigi. Cara menggunakannya yaitu, mengunyah biji wijen, jangan sampai biji wijen tersebut tertelan. Kemudian menyikat gigi selagi wijen masih ada di dalam mulut.

11) Ganti Pasta Gigi

Menggosok gigi dengan pasta gigi khusus juga dapat membantu membersihkan karang gigi yang keras dan mencegah munculnya kerusakan pada gigi. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi yang khusus dan mengandung flouride guna menghancurkan karang gigi. Dengan menyikat gigi secara teratur, karang gigi dapat rontok dan plak gigi pun hilang.

12) Perawatan oleh Dokter Gigi

Jika dirasa plak dan karang gigi sudah keras dan membandel, alangkah baiknya jika Anda menemui dokter gigi. Perawatan gigi yang dilakukan oleh Dokter Gigi Profesional dapat menjadi solusi untuk menghilangkan plak gigi dan membersihkan karang gigi.

Itulah beberapa cara alternatif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan plak pada gigi tanpa harus pergi ke dokter gigi. Agar upaya yang Anda lakukan bisa berhasil, lakukan dengan rutin dan tetap memilih makanan dan minuman yang tidak merusak gigi.

Biaya Membersihkan Karang Gigi

Membersihkan plak gigi secara alami tentunya membutuhkan biaya yang lebih hemat karena bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Sedangkan apabila plak dan karang gigi Anda sudah sangat sulit dihilangkan, maka Anda harus segera berobat ke dokter gigi.

Jika sudah begitu, setidaknya Anda membutuhkan biaya sebesar 100 hingga 300 ribu Rupiah untuk membersihkan plak dan karang gigi ke dokter. Ada banyak pilihan tempat yang bisa Anda coba untuk membersihkan karang gigi. Selain Dokter Gigi spesialis, Anda pun bisa memilih PMI dan juga Puskesmas untuk membersihkan karang gigi dengan biaya yang lebih murah.

Jangan lupa, setelah plak pada gigi Anda menghilang, tetaplah menjaga kebersihan gigi dan mulut agar tetap bersih dan sehat.

Incoming search terms:

  • alat untuk menghilangkan plak di gigi
  • anjuran dokter menggunakan baking soda untuk karang gigi
  • biaya pengamilan plak di gigi
  • car membersihkan gigi berkark
  • cara agar gigir anak yg bekerak yg sudah patah tinggal di dalam bisa copot
  • kalau rutin kumur air garam bisa buat gigi ompong keropos tidak
  • mengatasi gigi berkerak
  • tanaman untuk antiplak gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *