Alat Tes HIV Paling Akurat

Artikel kali ini akan membahas tentang alat tes HIV AIDS. Seperti yang kita ketahui, HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan suatu virus yang menyerang sel darah putih dan dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Serangan virus ini yang sering kita dengar dengan AIDS dimana penderitanya akan mengalami penurunan fungsi imun tubuh mulai dari gejala yang tidak terlihat hingga berujung pada kematian.

Maka tak jarang seorang yang terserang HIV akan terlihat sehat bugar di awal penderitaannya seolah tidak ada yang terjadi pada dirinya. Namun seiring berjalannya waktu, semakin ia terpapar kondisi lingkungan, kontak dan interaksi dengan orang lain semakin ia rentan terhadap penyakit lain yang akan menyerangnya. Oleh karenanya, diperlukan alat tes HIV untuk mengetahui apakah seseorang dikatakan penderita tanpa harus melakukan pengecekan ke laboratorium.

alat tes HIV mono rapid test

Gejala Awal HIV dan AIDS

Salah satu gejala awal seseorang terinfeksi HIV adalah flu yang terjadi selama kurang lebih satu atau dua bulan. Selain itu, demam, tenggorokan sakit, dan ruam- ruam juga menjadi gejala awal penyakit ini. Namun gejala-gejala tersebut tidak dirasakan oleh semua penderita. Bahkan ada beberapa penderita yang baru mengetahui gejalanya setelah menggunakan alat tes HIV.Adapun beberapa tes yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi HIV, seperti tes antibody HIV dengan ELISA, tes antigen atau P24 test, namun memiliki sifat sensitifitas yang cenderung rendah. Adapun tes generasi keempat, yakni gabungan tes antibody dan P24 test. PCR test biasa digunakan pada bayi dari seorang ibu penderita HIV.

Tes darah adalah salah satu tes yang paling lazim dilakukan bagi penderita HIV. Apalagi sekarang sudah ada tes dimana alat tes HIV tersebut menggunakan air seni kita. Tujuan dari tes darah ini adalah mencar antibody di dalam air seni kita ataupun di dalam cairan yang bisa diambil dari dalam mulut kita namun bukan air liur dan cairan ini digesekkan dari dalam pipi.

Mono Rapid Test

Selain tes darah, tes cepat atau mono rapid test juga merupakan salah satu tes yang sering dipakai. Tes ini mampu menyediakan hasil hanya dalam waktu yang cukup singkat yaitu sekitar 20 hingga 30 menit setelah contoh darah dan cairan lain diambil.

Bagaimana proses pelaksanaan tes darah? Contoh darah kita yang sudah diambil dengan jarum suntik sekali pakai nantinya akan diperiksa di laboratorium. Jika hasil tes pertama menunjukkan reaksi positif, maka hal ini menunjukkan adanya kemungkinan bahwa kita terinfeksi HIV.

Namun tes ini harus diulang sekali lagi jika kita mempunyai gejala penyakit HIV. Bahkan ada yang menjalani tes hingga 2 kali dengan cara yang berbeda untuk benar-benar memastikan bahwa hasilnya benar dan kita dapat dinyatakan positif terkena infeksi HIV. Tes ini biasanya akan dilakukan di tempat tes yang tidak kita ketahui.

Sebelum Anda melakukan tes HIV ini, sebaiknya berkonsultasi dulu pada orang yang sudah ahli di bidangnya. Karena orang-orang inilah yang nantinya akan memberikan informasi dasar mengenai HIV dan AIDS, manfaat dan kerugian jika Anda benar-benar terinfeksi HIV, serta bagaimana reaksi Anda jika memang Anda benar-benar terinfeksi HIV.

Setelah Anda mendapatkan hasilnya, Anda wajib berkonsultasi pada konselor yang sama. Hasilnya tes ini sangat rahasia. Tidak boleh diberikan kepada orang lain tanpa persetujuan kita. Tempat dimana kita melaksanakan tes ini sangat bertanggung jawab untuk menjamin nama dan hasil tes kita agar tidak diketahui orang lain. Demikian informasi tentang alat tes HIV dan tes HIV.

Incoming search terms:

  • tes hiv yang paling akurat
  • apakah rapid test hiv akurat
  • alat tes hiv paling akurat
  • alat tes hiv yang akurat
  • apakah alat hiv test akurat
  • apakah tes hiv cukup sekali sudah akurat
  • kapan rapid test hiv akurat?
  • selain cek darah cara yg paling akuran untuk meriksa hiv di tubuh adalah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *