Behel Gigi Gingsul, Cara Merapikan Gigi Gingsul

Siapa yang tidak ingin memiliki kesempurnaan fisik? Semua orang ingin memiliki fisik yang sempurna. Semua orang mendambakan tubuh yang proporsional dengan kulit yang putih, bersih dan juga mulus. Semua orang juga ingin memiliki rambut yang lembut dan berkilau seperti bintang iklan shampoo.

Semua orang juga ingin memiliki gigi yang putih, bersih dan tertata rapi seperti halnya bintang iklan pasta gigi. Namun, terkadang kesempurnaan fisik yang kita dambakan sering kali tidak terwujud karena ada satu hal yang kurang sempurna, seperti halnya gigi.

Tidak semua orang memiliki gigi yang putih, bersih dan tertata rapi. Masih ada banyak orang yang memiliki gigi gingsul. Gigi gingsul adalah salah satu kondisi gigi di mana gigi tumbuh dengan tidak benar dan sejajar. Gigi gingsul bisa disebabkan karena ukuran rahang yang terlalu kecil dan ukuran gigi yang tumbuh melebihi ukuran rahang. Sehingga, pada akhirnya gigi tumbuh dengan cara yang saling berhimpitan dan tidak sejajar. Tetapi gigi gingsul juga bisa tumbuh karena adanya faktor genetik dimana orang tua juga memiliki gigi yang gingsul dan tidak tertata degan rapi.

cara merapikan gigi gingsul

Meski pun banyak orang yang beranggapan bahwa gigi gingsul akan menambah derajat kemanisan senyum, tetapi gigi gingsul bisa menimbulkan masalah seperti menurunnya rasa percaya diri. Gigi gingsul bisa memicu terjadinya masalah gigi seperti karies karena posisi gigi gingsul sering kali menjadi tempat bersarangnya kuman dan plak yang susah dibersihkan.

Cara Merapikan Gigi Gingsul

Gigi gingsul juga bisa menyebabkan adanya cedera gusi yang terjadi dalam proses mengunyah. Gigi gingsul yang tumbuh secara tidak sejajar dan saling berhimpitan bisa mengganggu pertumbuhan gigi yang lain karena tidak ada celah yang tersisa di rahang untuk pertumbuhan gigi baru.

Cara yang paling umum untuk merapikan gigi gingsul adalah dengan cabut gigi gingsul dan behel gigi gingsul. Mencabut gigi gingsul bisa dilaksanakan jika jumlah gigi gingsul sedikit dan tumbuh seperti taring seperti pada kasus gigi gingsul Nabila JKT 48 dan Chelsea Olivia Wijaya. Namun, jika gigi gingsul tumbuh dengan cara yang tidak sejajar dan saling berhimpitan maka solusi terbaik untuk mengatasi gigi gingsul tersebut adalah dengan behel untuk gigi gingsul.

Prosedur atau cara merapikan gigi gingsul pake behel yang memakan waktu satu sampai dua jam, gigi gingsul yang selama ini mengganggu penampilan akan kembali ke posisi yang sejajar dan tertata rapi. Biasanya gigi gingsul pakai behel membutuhkan proses satu sampai tiga tahun untuk merapikan gigi gingsul tersebut.

Biaya merapikan gigi gingsul juga bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan gigi gingsul dan jenis behel yang dipakai untuk merapikan gigi gingsul. Umumnya biaya merapikan gigi gingsul di behel membutuhkan biaya mulai dari Rp 3.000.000,- sampai belasan juta Rupiah. Dan, di bawah ini ada serba-serbi behel gigi gingsul yang bisa menjadi referensi untuk kita yang ingin merapikan gigi gingsul.

Macam Macam Behel Gigi

Untuk merapikan gigi gingsul yang tidak tertata dengan rapi, ada beberapa jenis behel gigi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan para pemakainya. Umumnya, ada empat jenis behel yang dikenal oleh masyarakat yaitu behel lepasan, behel permanen, behel metal, behel transparan, behel damon, behel lingual dan aligner.

Behel Lepasan

Behel lepasan adalah behel yang paling praktis karena bisa dipakai dan dipasang dengan mudah. Penggunaan behel lepasan hanya disarankan untuk orang dengan gigi gingsul dengan tingkat keparahan yang masih rendah.

Behel Permanen

Behel permanen merupakan behel yang dipasang secara permanen pada gigi. Gigi gingsul dengan tingkat keparahan yang rendah sampai yang tinggi bisa memakai behel permanen. Behel permanen biasanya terbuat dari bahan metal, keramik sampai safir.

Behel Metal

Behel metal merupakan behel yang paling umum digunakan oleh orang-orang untuk merapikan gigi gingsul. Behel metal bisa digunakan untuk gigi gingsul dengan tingkat keparahan yang rendah sampai berat. Behel metal menjadi behel pilihan untuk merapikan gigi gingsul karena biaya pemasangan yang terjangkau dan memiliki tampilan yang menarik karena metal pada behel bisa dikombinasikan dengan karet elastis berbagai warna.

Behel Transparan

Behel transparan adalah behel yang terbuat dari bahan keramik atau safir dengan warna yang transparan atau sama warnanya dengan warna gigi. Behel transparan menjadi pilihan untuk orang-orang yang ingin memakai behel tetapi tidak ingin terlihat mencolok seperti memakai behel metal dengan karet elastis beraneka warna.

Behel Damon

Behel damon sering juga disebut dengan self-ligating dimana untuk memasang behel jenis ini tidak memerlukan pencabutan gigi. Sehingga, para pemakai behel damon tidak akan merasakan nyeri dan ngilu akibat pencabutan gigi seperti yang terjadi pada behel gigi jenis yang lain dan juga rasa sakit akibat tekanan terus menerus dari kawat gigi. Behel damon juga membutuhkan waktu perawatan yang singkat yaitu sekitar enam bulan saja.

Behel Lingual

Behel lingual adalah inovasi terbaru dalam merapikan gigi tanpa harus terlihat mencolok. Behel lingual tidak dipasang di bagian depan gigi melainkan di bagian belakang gigi. Sayangnya, behel lingual membutuhkan biaya pemasangan yang tinggi karena tingkat kesulitan pemasangan yang tinggi pula.

Selain menggunakan behel gigi, ada cara lain yang bisa digunakan sebagai cara merapikan gigi gingsul tanpa behel. Adalah Aligner yang bisa menjadi alternatif lain untk merapikan gigi gingsul tanpa cabut gigi dan menggunakan behel. Ini merupakan solusi terbaru bagi mereka yang memiliki masalah gigi yang tidak rata.

Aligner merupakan inovasi cara merapikan gigi gingsul terbaru tanpa harus memasang “pagar” pada gigi seperti halnya dalam menggunakan behel dengan jenis yang sudah dijelaskan di atas. Aligner terbuat dari bahan thermoplastic yang dibuat sesuai dengan kontur gigi yang biasanya dipasang selama 20 jam sehari.

Baca Juga: Jenis Jenis Behel Gigi, Kekurangan dan Kelebihannya!

Cara merapikan gigi gingsul dengan menggunakan aligner membutuhkan biaya yang tergolong mahal karena aligner tidak dibuat di Indonesia, melainkan Singapura atau Amerika Serikat yang akan diperbarui setiap dua minggi sekali.

Perawatan Behel Gigi

Gigi gingsul yang sudah dirapikan dengan behel tidak serta merta dibiarkan begitu saja. Gigi yang dipasang behel memerlukan perawatan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Para pengguna behel biasanya melakukan kontrol secara rutin setiap bulan ke dokter gigi untuk mengecek keadaan gigi. Pada behel metal dan behel keramik akan dilakukan penggantian karet elastis untuk mengurangi risiko penumpukan plak dan pengenduran karet elastis.

Setiap melakukan kontrol dokter juga akan melakukan x-ray pada gigi untuk mengetahui perubahan gigi yang terjadi selama proses pemakaian behel yang biasanya berlangsung selama 18 bulan sampai 36 bulan. Setelah masa pemakaian behel berakhir, mereka juga wajib memakai retainer atau penahan gigi selama enam bulan untuk mencegah terjadinya pergeseran gigi. Retainer hanya dipakai saat tidur saja.

Kebersihan behel gigi juga harus diperhatikan. Para pemakaian behel harus membersihkan gigi dengan benang gigi seusai makan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela kawat gigi. Sisa-sisa makanan yang menyangkut pada kawat gigi bisa menyebabkan kendurnya karet elastis pada behel. Selain itu, sikat gigi juga harus dilakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak menggeser kawat penahan gigi.

Incoming search terms:

  • biaya merapikan gigi
  • behel gigi
  • behel untuk gigi gingsul
  • gigi gingsul pake behel
  • contoh behel gigi gingsul
  • biaya meratakan gigi
  • behel gigi gingsul depan
  • https://www forumdoktergigi com/behel-gigi-gingsul-cara-merapikan-gigi-gingsul/
  • cara merapikan gigi gingsul tanpa behel
  • harga merapikan gigi gingsul
  • gigi gingsul di behel
  • biaya merapihkan gigi
  • behel gigi gingsul parah
  • behel gigi gingsul terbaru
  • pasang behel gigi gingsul
  • harga behel gigi gingsul
  • apakah gigi gingsul bisa pakai behel
  • harga behel untuk gigi gingsul
  • biaya merapikan gigi yang gingsul
  • behel gingsul
  • bisakah gigi gingsul memakai behel
  • behel yang cocok untuk gigi gingsul
  • meratakan gigi gingsul
  • behel perawatan gigi gingsul
  • cara memperbaiki gigi gingsul
  • gambar gigi gingsul di behel
  • berapa biaya merapikan gigi gingsul
  • biaya cabut gigi gingsul
  • gigi gingsul
  • apakah gigi gingsul bisa di behel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *