Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi 2017

Ada banyak alasan yang membuat banyak orang kini berlomba-lomba memasang behel gigi. Selain alasan kesehatan, pemasangan behel gigi sempat menjadi trend untuk alasan kecantikan. Untuk mengatasi masalah yang cukup serius, memasang behel harus dilakukan di dokter gigi dengan pengawasan yang benar dan pemeriksaan yang rutin.

Biaya pasang behel di dokter gigi memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan memasangnya di ahli gigi. Namun, dengan memasangnya di dokter gigi Anda akan mendapatkan perawatan yang sebenarnya sehingga kesehatan gigi dan mulut Anda terjamin. Pemasangan behel di ahli gigi dengan alasan kecantikan sangat tidak dianjurkan.

gambar Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi

Behel Gigi, Bagian-Bagiannya Secara Umum

Sebelum memasang behel gigi, ada baiknya jika kita mengenal bagian-bagian behel gigi terlebih dahulu agar kita lebih mengenal apa sebenarnya behel gigi tersebut.

  1. Bracket

Bracket adalah alat yang ditempel di gigi kita dengan menggunakan lem khusus. Bracket dapat dibuat dari berbagai macam bahan misalnya metal, keramik, atau batu saphire. Semakin baik bahannya maka harganya akan semakin mahal.

  1. Kawat lengkung

Yang kedua adalah kawat. Kawat dipasang pada bracket, fungsinya sebagai alat penyalur tekanan pada gigi dan mengatur ke mana arah tekanan tersebut agar gigi bergerak ke arah yang benar. Ukuran dan jenis kawat akan disesuaikan dengan kondisi gigi yang sedang dirawat. Kondisi gigi ini juga yang mempengaruhi biaya pasang behel gigi oleh dokter gigi.

  1. Cincin ortodontik

Cincin ortodontik atau dapat juga disebut dengan molar band biasanya dipasang pada gigi belakang yang berfungsi sebagai tumpuan kawat pada behel.

  1. Karet elastis

Karet elastis adalah alat yang digunakan untuk mengikat kawat lengkung dengan bracket. Karena sifatnya yang dapat kehilangan keelastisan, maka kita perlu menggantinya secara berkala saat keelastisan karet berkurang. Warna karet dapat Anda pilih berwarna-warni sesuai dengan warna yang Anda inginkan.

Kapan Waktu yang Tepat Pasang Behel Gigi?

Walaupun behel gigi bisa dipasang oleh siapa saja pada kisaran umur berapa pun asal masih memungkinkan, pemasangan di usia yang lebih dini lebih disarankan. Memasang behel gigi sangat tepat dilakukan jika kita sudah menginjak usia 8 sampai dengan 14 tahun karena pada masa ini semua gigi susu kita sudah mulai tanggal dan gigi permanen kita sudah mulai tumbuh.

Pemeriksaan awal dapat mulai dilakukan pada usia 7 tahun sehingga kita dapat mengantisipasi gigi manan yang memiliki potensi tubuh secara tidak wajar dan apakah susunan gigi kita akan mengalami masalah atau tidak. Pada usia 8 sapai 14 rahang kita masih berkembang, sehingga pemasangan behel pada usia ini akan lebih singkat dan lebih efektif. Masalah yang dihadapi pun dapat diketahui lebih dini sehingga lebih mudah ditangani.

Pemasangan behel pada usia dewasa tentunya masih dapat dilakukan. Akan tetapi karena rahang telah berkembang sempurna, maka perbaikan gigi akan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika Anda memiliki masalah gigi yang serius seperti gigi tonggos. Walaupun memakan waktu lebih lama, bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Sehingga memasang behel di usia dewasa tidaklah terlambat. Anda masih bisa mengoreksi gigi walaupun sudah dewasa dan rahang sudah berkembang sempurna.

Baca Juga: Jenis Jenis Behel Gigi, Kekurangan dan Kelebihannya!

Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dulu dengan Dokter Ahli untuk menentukan jenis behel gigi yang sesuai. Jika tujuan Anda menggunakan behel hanya untuk estetika semata, gunakan behel jenis lepasan yang mudah dipakai. Jenis behel lepasan juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan behel jenis permanen.

Namun untuk anak-anak yang memiliki struktur gigi yang buruk dan ingin diperbaiki, jenis behel permanen merupakan pilihan yang tepat. Selain bisa memperbaiki struktur gigi agar lebih rapi, behel gigi permanen juga dapat membentuk rahan. Proses pemasangan behel gigi permanen memakan waktu yang lama, begitu pula dengan proses perawatan. Bahkan Anda harus berkonsultasi beberapa kali sebelum melakukan prosedur pemasangan behel permanen.

Biaya Pasang Behel Gigi

Biaya pasang behel akan sangat tergantung dari permasalahan gigi yang ingin Anda koreksi dan jenis behel yang Anda inginkan. Biaya pasang behel di Dokter Gigi spesialis ortodonti tentunya lebih mahal dibandingkan dengan dokter gigi biasa. Karena biasanya dokter ortodonti mengatasi masalah koreksi gigi yang lebih rumit dan serius dan membutuhkan pengerjaan yang ekstra sehingga biayanya lebih mahal.

Walaupun biaya pasang behel di Dokter Gigi spesialis orthodonti lebih mahal, bagi Anda yang memiliki permasalahan susunan gigi yang serius, berkonsultasi ke dokter spesialis orthodonti dapat membuat Anda lebih puas. Kisaran biaya pemasangan behel terendah sekitar Rp. 5.000.000,- tergantung masalah koreksi yang dihadapi dan jenis behel yang diinginkan. Untuk pemasangan behel transparan akan lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan behel biasa. Biaya memasang di ahli gigi mungkin lebih murah, namun keamanannya tidak terjamin karena tidak ditangan oleh ahlinya. Pilih pemasangan behel di dokter gigi untuk mencegah terjadinya masalah di kemudian hari.

Pemasangan behel pada gigi juga dapat dilakukan satu sisi saja, misalnya sisi bagian atas saja atau bagian bawah saja tergantung masalah koreksi gigi yang dihadapi tiap orang. Perkiraan biaya pemasangan behel gigi di atas hanyalah sebuah referensi. Untuk mendapatkan harga pemasangan behel gigi tahun 2017, sebaiknya Anda konsultasi langsung ke dokter gigi pilihan Anda agar perkiraan harganya lebih tepat. Hal tersebut karena berbeda permasalahan koreksi akan berbeda pula biaya yang dibutuhkan. Selain itu masih ada pula biaya perawatan yang dibutuhkan selama masa koreksi gigi menggunakan behel.

Untuk informasi tentang harga behel gigi dan biaya pemasangan, silahkan lihat perkiraan harga behel gigi terbaru di bawah ini.

Baca juga: Harga Behel Gigi

Incoming search terms:

  • harga pasang behel
  • biaya pasang behel
  • harga pasang kawat gigi
  • harga pasang behel gigi tonggos
  • harga behel gigi di dokter gigi
  • harga behel permanen dokter
  • harga pasang
  • harga pemasangan behel
  • harga behel gigi dokter
  • harga pasang behel di dokter gigi
  • https://www forumdoktergigi com/biaya-pasang-behel-di-dokter-gigi-2017/
  • harga pasang behel 2017
  • harga kawat gigi
  • Biaya pemasangan behel
  • biaya pasang behel gigi
  • harga pasang behel gigi atas
  • harga pemasangan kawat gigi
  • Biaya pasang
  • harga behel untuk memundurkan gigi
  • pasang behel
  • biaya pemasangan kawat gigi 2017
  • harga pasang behel di dokter
  • biaya pasang behel di dokter gigi
  • harga memasang behel
  • harga pasang behel di dokter gigi solo
  • biaya pasang behel di dokter gigi spesialis ortodonti
  • harga behel gigi 2017
  • harga behel keramik di dokter gigi
  • harga pasa
  • harga pasang behel gigi di dokter gigi

4 thoughts on “Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi 2017

    1. wah, kurang tau loh kak. karena ada banyak faktor yang mempengaruhi harga. kalau cuma pasang, berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta. belum lagi, jenis behel juga mempengaruhi harga.
      nanti kalau kakak sudah pernah ke sana mohon kasih tahu ya kak, biar bisa berbagi dengan yang lainnya 🙂

      terima kasih, sukses untuk kakak~

  1. Dok kalau gigi semakin lama semakin mempunyai jarak, misalnya gigi depan, apa perlu dipasangi kawat ya dok? Kalau iya bagaimana ya dok, buat jenis dan harganya kisaran berapa dok?

    1. kalau seperti itu bisa dipasang behel. sebaiknya, untuk memilih jenis dan kisaran harga, ada baiknya untuk berkonsultasi langsung dengan dokter gigi/ahli ortodonti terdekat. dibutuhkan pemeriksaan langsung untuk mengetahui jenis behel yang tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *