Cara Memutihkan Gigi Kuning Ampuh

Cara Memutihkan Gigi Kuning – Gigi dengan susunannya menjadi salah satu organ tubuh yang tak kalah penting bilamana berbicara tentang sistem pencernaan. Maka tak jarang juga gigi yang sehat menjadi salah satu penentu sistem pencernaan yang sehat bagi setiap orang.

Selain itu, kebersihan gigi boleh dikatakan sebagai representasi diri seseorang. Mulai dari perawatan gigi tradisional hingga modern tak tanggung tak jarang beberapa orang rela merogoh kocek dalam – dalam guna menjaga kesehatan giginya di samping sebagai upaya meningkatkan kepercayaan dirinya sendiri.

Penyebab Gigi Kuning

Berbicara gigi yang menguning. Kebersihan gigi menjadi faktor utama pembentukan warna gigi yang dapat berpotensi menguning bila tidak terawat. Tak hanya berpotensi menguning, kebersihan gigi yang kurang baik dapat menimbulkan masalah lain pada gigi bahkan mulut Anda. Adapun faktor-faktor pendukung yang mempercepat gigi menjadi kuning.

cara memutihkan gigi kuning
Pic Source: Pexels.com

Sebelum kita mengetahui tentang bagaimana cara memutihkan gigi kuning yang ampuh, mari kita lihat beberapa hal yang membuat gigi menjadi kuning. Berikut penjelasan mengenai penyebab gigi kuning.

Produk Pemutih Gigi

Sejatinya, pemakaian pemutih gigi mengakibatkan penguningan gigi Anda secara cepat. Zat pemutih dengan kandungan kimia berlebih akan mengakibatkan pengerosian gigi, sehingga gigi mudah rapuh dan kuning. Mulai sekarang, kurangi penggunaan produk pemutih gigi dan pilih cara yang alami dengan mengkonsumsi makanan yang membuat gigi putih dan menghindari makanan yang membuat gigi kuning.

Minuman Berenergi

Minuman berenergi yang sering kali kita konsumsi setelah melakukan olah raga rupanya memberikan efek samping dan membuat gigi kuning, mengingat kandungan gula dan asam di dalamnya. Berdasarkan studi University of Birmingham, penelitian ini mengungkapkan bahwa minuman berenergi ternyata punya zat korosif. Zat kimia yang terkandung dalam minuman berenergi cenderung merusak dan mengikis gigi. Kami menyarankan untuk memilih mengkonsumsi minuman alami seperti air mineral yang bebas zat kimia.

Konsumsi Teh Herbal

Teh herbal yang sering kali dikonsumsi para pelaku diet ternyata memiliki kandungan asam yang membantu penguningan pada gigi. Bahkan, sebenarnya hampir semua teh dapat membuat gigi cepat kuning karena di dalam daun teh terkandung zat pewarna kuning alami. Jika tidak percaya, silahkan lihat tempat minum yang biasa digunakan untuk menyeduh teh, pasti berwarna gelap kekuningan.

Rokok

Zat nikotin yang terkandung dalam rokok pun sejatinya menimbulkan efek kuning pada gigi. Kandungan nikotin yang terdapat dalam gigi biasanya tak muda hlepas dari gigi meski Anda telah menyikat gigi secara teratur. Nikotin bahkan diklaim sebagai salah satu penyebab gigi kuning paling banyak pada pria.

Obat Mata

Obat mata yang dikhususkan bagi kontak mata ternyata memiliki keterkaitan dengan penyebab kuningnya gigi. Kandungan kimia dalam obat tetes mata sejatinya bekerja guna menekan produksi saliva yang akan menetralisir asam di dalam mulut. Lantaran jumlah saliva berkurang, secara  tidak langsung juga asam di mulut kian meningkat hingga berkembangbiaknya bakteri, penguningan hingga pengeroposan pada lapisan gigi.

Diabetes

Tak terelakkan bahwa penyakit diabetes dapat menyumbang efek gigi kuning, rapuh hingga keropos. Meski demikian, tak banyak penderita diabetes yang menyadari bahwa penyakitnya juga mempengaruhi keadaan giginya.

Zar Klorin pada Kolam Renang

Berdasarkan hasil studi terhadap 500 orang menyebutkan bahwa 65% dari perenang mengalami kerusakan gigi serta mengalami kekuningan gigi yang disebabkan kandungan klorin air kolam renang terbilang cukup tinggi. Klorin tersebut mempengaruhi pH air dengan kadar keasamannya lebih tinggi. Oleh karena itu, jangan lupa menyikat gigi seusai berenang

Membuka Kemasan dengan Gigi

Membuka kemasan dengan gigi ternyata dapat mempercepat gigi rapuh dan mudah lemah. Ketika gigi mulai rapuh dan lemah, secara otomatis warnanya tidak sehat dan cenderung menguning. Sebenarnya, hal ini tidak secara langsung membuat gigi kuning. Kami mengingatkan bahwa membuka kemasan dengan gigi itu dapat merusak kekuatan alami gigi.

Untuk lebih lengkapnya, baca tentang penyebab gigi kuning pada tautan di bawah ini.

Baca juga: Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Gigi Kuning

Serangkaian penyebab gigi kuning tak hanya terbatasi oleh faktor–faktor penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya. Faktor genetik pun dapat menjadi faktor mendasar ketika Anda lahir dengan kondisi gigi kuning. Meski demikian, ada beberapa cara menangani gigi yang kuning, gigi yang sudah kuning, hingga gigi yang sudah kuning permanen yang dapat mengembalikan kembali rasa percaya diri Anda sekaligus kesehatan gigi Anda, diantaranya :

Sikat Gigi Setelah Mengkonsumsi Makanan Manis

Menyikat gigi seusai makan makanan manis tanpa terburu – buru. Menyikat gigi seusai mengonsumsi makanan yang manis tanpa jeda ternyata membantu proses penguningan gigi. Seusai proses pengunyahan, mulutakan cenderung  bersifat  Saat itu, gigi menetralisir keadaan mulut  dengan mengeluarkan enamel guna melindungi gigi. Jika Anda terburu-buru menyikat gigi, maka enamel akan terbuang sia-sia dan bakteri kian bebas berkembang biak. Sangat disarankan bagi Anda untuk  menyikat  gigi setidaknya 1 jam setelah mengonsumsi makanan yang manis – manis.

Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah-buahan yang berserat dan sayuran hijau juga berfungsi dalam pembersihan gigi secara alami. Sayuran mengandung air dan zat alami yang dapat mengatasi gigi kuning.

Pemilihan Produk Perawatan Gigi

Selain itu, Anda juga harus menggunakan pasta gigi yang low abrasive dan bulu sikat yang lembut. Tujuannya agar lapisan putih gigi yang alami tidak rontok atau hilang karena pengaruh dari zat kimia yang terkandung pada pasta gigi. Gunakan pula sikat gigi yang memiliki bulu halus agar dapat menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi yang sempit.

Kurangi Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Kuning

Mengurangi pengonsumsian kopi, teh, minuman berwarna, dan berenergi. Tak lupa juga, Anda harus menguraki rokok atau pun vape.

Rutin Periksa Gigi

Rutin melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi juga menjadi salah satu hal yang kami sarankan. Dengan berkonsultasi dengan Dokter Gigi setidaknya 2 kali dalam 1 tahun, Anda bisa mengetahui informasi tentang masalah gigi yang Anda miliki.

Cara Alami Memutihkan Gigi yang Kuning

Cara memutihkan gigi kuning yang permanen tak hanya dapat dilakukan dengan bantuan medis saja. Anda pun dapat melakukan perawatan gigi yang tak rumit di rumah dengan memanfaatkan bahan–bahan alami yang mudah Anda dapatkan.

Lakukan beberapa tips memutihkan gigi yang kuning dengan bahan alami di rumah. Ini merupakan cara alami dan efektif untuk mengatasi gigi kuning.

Siwak

Siwak alias miswak yang merupakan akar pohon nan lembut rupanya dapat digunakan sebagai bahan alami pembersih gigi, mulut, dan gusi. Metode membersihkan gigi, mulut, dan gusi dengan siwak sejatinya telah ada sejak umat Muslim terdahulu yang tak jarang menggunakannya sebagai bahan alami penguat kekuatan gigi di kala itu bahkan hingga sekarang.

Arang Kayu

Menggunakan arang kayu sebagai media memutihkan gigi. Metode aneh ini sebenarnya terbilang tradisional tetapi terbilang cuku[ampuh memberantas warna kekuningan meski dengan kehitaman arangnya. Namun perlu diperhatikan juga pemanfaatan arang kayu yang berlebih akan mengakibatkan kerusakan lapisan e-mail gigi hingga berujung sakit gigi

Kulit Jeruk

Bagian dalam dari kulit jeruk yang berwarnanya putih dapat pula digunakan untuk menggosok gigi yang kuning. Gunakanlah secara teratur setiap demi mempercepat pemutihan pada gigi. Meski demikian, Anda perlu berhati – hati dengan kandungan vitamin C pada kulit jeruk bilamana Anda memiliki gigi yang sensitif.

Kulit Pisang

Cara penggunaan kulit pisang untuk memutihkan gigi tak jauh berbeda dengan kulit jeruk. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi secara rutin. Lakukan cara memutihkan gigi kuning alami ini secara teratur, berselingan dengan pasta gigi.

Wortel, Seledri, dan Apel

Ketiga sayuran yang mudah didapatkan ternyata juga memudahkan proses pemutihan gigi Anda. Wortel, seledri, dan apel menjadi sayuran yang dapat merangsang produksi air liur lebih banyak sehingga membantu menjaga kebersihan gigi. Selain itu dapat juga menjadi bahan alami penghilang noda pada gigi atau yang biasa disebut dengan plak gigi.

Asam Laktat

Asam laktat yang terkandung dalam susu sangat baik untuk memutihkan gigi secara alami. Selain memutihkan, asam laktat susu pun sangat baik guna memberikan kekuatan gigi dan tulang mengingat kandungan vitamin D pada susu. Namun, jika Anda sudah meminum susu, segera kumur dengan air putih untuk menetralkan kondisi mulut.

Strawberry

Stroberi dengan kandungan malatnya menjadi kandungan yang baik guna memutihkan gigi kuning, sudah kuning bahkan kuning permanen. Kandungan malat yang bisa Anda dapatkan pada stroberi bisa saja langsung Anda aplikasikan guna menyikat gigi. Dan stroberi pun sering kali disebut – sebut sebagai salah satu media terbaik untuk memutihkan gigi kuning.

 Baking Soda

Sejak dulu baking soda dipercaya dapat menghilangkan noda pada gigi. Pasta gigi yang mengandung baking soda jua dipercaya dapat menetralkan gigi akan kemasaman sifatnya dan mampumempertahankan email gigi Anda.Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat mencampurkan baking soda dengan jus lemon agar proses memutihan gigi dapat berjalan lebih efektif. Dan yang terpenting, aplikasikanlah secara rutin guna mendapatkan hasil yang optimal

Citrus

Citrus yang banyak terkandung di dalam nanas dan jeruk ternyata terbilang cukup ampuh guna memutihkan gigi mengingat fungsinya yang mampu menstimulus produksi air liur.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida menjadi media yang sangat baik sebagai disinfektan atau penangkal bakteri mulut serta dalam pengoksidasiannya. Hidrogen peroksida bisa Anda dapatkan pada cairan pencuci mulut yang efektif memutihkan gigi Anda.

Daun Salam

Mencampurkan daum salam dengan kulit jeruk bisa menjadi bahan alami untuk memutihkan gigi. Selain mudah ditemukan, bahan tersebut juga sangat terjangkau harganya dan bisa ditemukan di mana saja.

Cuka Sari Apel

Mencampurkan cuka sari apel serta minyak zaitun dapat menjadi ramuan alami pemutih gigi. Dengan ramuan tradisional nan murah ini, Anda akan mendapatkan perubahan sensasional pada warna gigi Anda.

Biji Pinang

Untuk gigi yang putih dan bersih, anda bisa menggunakan biji buah pinang. Anda bisa membakar biji buah pinang hingga hangus dan menumbuknya setelah itu. Lalu, Anda bisa menggosokkan halusan tadi ke gigi dengan serabut pinang atau kain katun. Lakukan 2 minggu sekali untuk mendapatkan efek yang maksimal

Pasta Gigi Buatan Sendiri

Jemurlah daun salam dan kulit jeruk hingga kering. Setelah kering, tumbuk kedua bahan tersebut lalu tambahkan air secukupnya dan aduk hingga menjadi adonan pasta gigi buatan alami

Bubuk Bata

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa bubuk bata dapat digunakan untuk memutihkan gigi kuning Anda. Sejak dulu kala secara turun temurun, bubuk bata sudah menjadi alternatif cara memutihkan gigi kuning secara alami dan tradisional. Cara penggunaannya, tumbuk bubuk bata hingga menjadi bubuk yang sangat halus. Tambahkan sedikit air agar terbentuk pasta, gunakan sebagai pasta gigi.

Cengkeh

Cengkeh merupakan salah bahan pembuatan rokok. Namun jika tanpa campuran tembakau, cengkeh dapat dimanfaatkan untuk membersihkan gigi yang menguning. Cengkeh pun disebut – sebut sebagai bahan tradisional guna memutihkan gigi kuning secara permanen

Permen Karet

Mengunyah permen karet juga dapat memutihkan gigi dengan cepat dan permanen. Dengan mengunyah permen gigi sejatinya membersihkan sisa makanan yang terdapat di gigi sekaligus mengharumkan bau mulut. Akan tetapi permen karet tidak disarankan untuk yang menggunakan behel gigi guna mengindari kerusakan gigi berbehel.

Keju dan Susu

Keju dan susu merupakan produk yang tak jauh berbeda dengan keju. Kedua bahan makanan ini kaya kandungan kalsium dan vitamin D dan K yang berfungsi untuk menguatkan gigi dan membantu menguatkan email gigi Anda yang berhulu pada pencegahan kerusakan gigi dan penguningan gigi.

Tips terakhir dan tak kalah penting jua yakni menyikat gigi teratur 3x dalam sehari di pagi hari dan malam hari sebelum tidur selama 3 menit lamanya. Selain itu, pastikan sikat gigi yang Anda gunakan lembut dan tidak membahayakan bagi gusi Anda. Menyikat gigi tak perlu keras-keras guna menghindari resiko kerusakan pada gusi gigi Anda. Terkhusus gigi yang menguning dan berkarang, cara memutihkannya pun terbilang berbeda. Dengan kondisi tersebut, Anda disarankan untuk berkonsultasi mendalam kepada medis guna menindaknya lebih lanjut.

Incoming search terms:

  • merek pasta gigi untuk memutihkan gigi yang ampud dan permanen
  • cara memutihkan gigi
  • cairan yg dapat menghilngkan kuning gigi com
  • https://www forumdoktergigi com/cara-memutihkan-gigi-kuning-ampuh/
  • gigi kuning dari lahir
  • gigi kuning dan kehitaman
  • Cara mengganti gigi palsu warna kuning menjadi warna putih
  • cara mengatasi gigi keropos menguning
  • cara memutihkan gigi kuning yg aman dan cepat permanen
  • cara dokter membersihkan gigi kuning
  • permen karet pemutih gigi com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *