Cara Memutihkan Gigi Alami dan Permanen

Setiap orang pasti ingin memiliki senyum yang indah dengan memamerkan gigi yang putih bersinar. Tak bisa dipungkiri, jika banyak orang akan lebih suka ketika melihat seseorang berbicara atau berhadapan dengan orang yang memiliki gigi putih. Perlu untuk Anda tahu, jika memutihkan gigi itu tak cukup hanya dengan menggosok gigi saja. Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan ketika ingin memiliki gigi lebih putih. Seiring dengan bejalanannya waktu, kini banyak sekali teknologi yang diusungkan untuk bisa memberikan kesan gigi putih bersih dengan berbagai alat serta berbagai metode kesehatan.

Tentu saja semua metode kesehatan untuk mencerahkan gigi itu harus dilakukan oleh dokter  gigi dengan melakukan berbagai konsultasi. Namun, untuk bisa memutihkan gigi secara cepat dengan bantuan dokter itu mengharuskan Anda mengeluarkan kocek yang cukup besar.

Jangan berkecil hati, karena masih banyak alternatif lain untuk mendapatkan gigi putih dengan menggunakan cara memutihkan gigi alami dan permanen yang sangat mudah dengan berbagai bahan alami. Pada kesempatan kali ini akan memberikan Anda berbagai hal seputar cara memutihkan gigi yang kuning menjadi lebih putih dalam 1 minggu dan bahkan bisa memberikan warna putih permanen pada gigi jika rutin untuk dilakukan.

cara memutihkan gigi alami dan permanen
Pic Source: Pixabay.com

Faktor Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai cara memutihkan gigi yang kuning, tentu Anda harus tahu lebih dulu mengenai berbagai faktor utama yang menyebabkan gigi Anda menjadi kuning. Menurut situs AloDokter.com, berikut ini merupakan beberapa faktor yang bisa menjadikan gigi menjadi kuning yaitu:

  • Tak rajin menggosok gigi

Tentu saja jika gigi tidak dibersihkan dengan baik  setiap harinya, maka akan berakibat buruk bagi kesehatan gigi dan salah satunya adalah menjadikan gigi kuning. Maka dari itu pastikan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari pada pagi dan malam untuk menjaga gigi terjaga sehat.

  • Konsumsi kopi

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, konsumsi kopi secara terus menerus itu juga bisa mengakibatkan gigi menjadi kuning. Kandungan kafein yang dikonsumsi dengan jumlah yag banyak itu bisa menjadikan gigi Anda menguning.

  • Merokok

Kebiasaan buruk merokok itu terbukti benar-benar merusak hampir semua organ tubuh, termasuk juga gigi. Kandungan nikotin yang ada dalam rokok ini akan menyebabkan ruang mulut menjadi asam. Dalam keadaan ruang mulut yang asam tersebut, nikotin juga menempel pada gigi yang menjadikan gigi menjadi kuning dan sangat sulit untuk dihilangkan.

  • Konsumsi minuman bersoda

Jika Anda gemar meminum minuman yang satu ini secara berlebihan, akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan juga bagi gigi. Selain menjadikan gigi rapuh,dan berlubang minuman bersoda juga bisa menjadikan gigi Anda menjadi kuning.

  • Konsumsi alcohol

Kandungan berbagai zat berbahaya pada alcohol juga bisa menjadikan gigi kuning dan rusak.

  • Suka konsumsi berbagai makanan manis

Kandungan gula yang sangat tinggi pada makanan yang manis itu memang menjadi musuh utama gigi. Makanan yang manis ini dapat menggerogoti gigi dan menjadikan gigi berlubang serta juga menjadikan gigi menjadi kuning.

  • Karena mengidap suatu penyakit tertentu

Terserang penyakit tertentu serta dalam keadaan yang mengharuskan terus menerus minum obat juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning akibat dari efek samping obat.

Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Setelah mengetahui berbagai penyebab gigi menjadi kuning, maka paling tidak Anda jadi tahu apa saja hal-hal yang perlu dihindari agar tidak menjadikan gigi menjadi kuning. Ketika Anda bisa menghindari berbagai hal yang menjadi penyebab utama gigi menjadi kuning, maka usaha Anda dalam memutihkan gigi permanen akan memberikan hasil yang maksimal. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah dan bahan-bahan yang super sederhana.

1. Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis

  • Siapkan satu sendok teh garam pada sebuah tempat, kemudian berikan beberapa tetes lemon secukupnya. Jangan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit.
  • Setelah mencampurkan kedua bahan tersebut, gosok-gosokkan pada gigi kemudian didiamkan selama beberapa menit. Anda bisa menggosok menggunakan tangan saja dan pastikan menggosok secara merata.
  • Barulah kumur sampai bersih.
  • Anda bisa melakukan cara ini cukup 2 kali dalam seminggu.

Perlu Anda ketahui jika garam dan jeruk nipis itu bisa menjadi perpaduan yang sangat baik untuk memutihkan gigi. Kedua bahan tersebut menjadi bahan paling ampuh untuk bisa menjadikan gigi lebih putih secara alami. Garam yang berfungsi sebagai eksfoliator atau pengelupas alami menjadi komponen utama untuk bisa mengikis berbagai plak dan noda yang menempel di gigi. Sedangkan jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C serta asam ini dapat membantu melunturkan noda kuning yang ada pada lapisan enamel gigi. Demikian merupakan langkah-langkah cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang dicampur dengan garam yang bisa diaplikasikan sendiri di rumah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika jeruk nipis itu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan gigi. Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis ini sangat mudah, Anda hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air jeruk nipis dan setelah itu menggosok-gosokkan kulit bagian dalamnya kepada gigi Anda. Lakukan hal ini paling tidak 2 kali dalam 1 minggu.

2. Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

  • Buat pasta baking soda yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan baking soda yang ditambahkan dengan satu sendok air, kemudian aduk-aduk.
  • Siapkan wadah untuk membuat pasta baking soda.
  • Jika sudah membentuk pasta, oleskan pasta tersebut pada gigi dan biarkan selama kurag lebih 3 menit.
  • Jika sudah, maka bilas dengan berkumur dengan menggunakan air hangat
  • Hasilnya akan terlihat secara bertahap pada penggunaan secara berkala.

Perlu Anda ketahui baking soda menjadi salah satu bahan alami yang bisa memberikan efek putih pada gigi Anda. Ya, baking soda yang berbentuk bubuk, berwarna putih, dan biasa digunakan untuk pengembang makanan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjadikan gigi anda menjadi lebih putih alami secara permanen. Namun, penggunaan baking soda berlebihan itu justru akan membahayakan kesehatan gigi Anda karena bisa merusak email gigi. Jadi, pastikan penggunaannya jangan terlalu sering maksimal 2 minggu sekali. Demikian adalah cara memutihkan gigi dengan baking soda yang bisa Anda coba di rumah.

Namun jika Anda belum mendapakan hasil yang maksimal, masih ada cara lain yang bisa dicoba untuk memutihkan gigi. Anda harus datang ke dokter gigi untuk melakukan perawatan untuk memutihkan gigi atau yang biasa dikenal dengan bleaching gigi. Harga bleaching gigi pun tergolong murah, tergantung perawatan dan juga obat bleaching gigi yang akan Anda dapatkan. Untuk informasi lengkap tentang efek samping bleaching gigi, harga, dan obat, silahkan baca artikel di bawah ini.

Baca juga: Biaya Memutihkan Gigi di Dokter Gigi

Itulah beberapa informasi yang bisa diberikan seputar penyebab gigi kuning dan Cara memutihkan gigi dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami. Untuk hasil lebih maksimal, Anda juga bisa mengkonsumsi berbagai buah-buahan seperti apel yang berguna untuk membersihkan dan menguatkan gigi, strawberry yang memiliki kandungan sangat baik untuk memutihkan gigi, pisang untuk menguatkan gigi, dan berbagai buah-buahan lain yang akan memberikan efek sangat baik bukan hanya untuk kesehatan gigi saja, namun juga untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi kali ini bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Incoming search terms:

  • cara memutihkan gigi alami dan permanen
  • cara memutihkan gigi secara alami menurut dokter dengan jeruk nipis
  • cara memutihkan gigi yang hitam dan berlubang
  • gigi putih secara permanen dengan pasta apa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *