Cara Mencegah Gigi Berlubang Alami

Cara Mencegah Gigi Berlubang – Bagaimana cara mencegah gigi berlubang? Sebuah pertanyaan yang baik untuk menghindari rasa sakit luar biasa akibat karies gigi yang semakin menipis. Anda pernah merasakan sakit gigi akibat gigi berlubang? Sakit gigi merupakan salah satu sakit yang sangat dihindari setiap orang. Sakit gigi terjadi di area yang memang kecil tetapi jika benar terjadi bisa sampai merengek minta ampun. Jika gigi yang sakit tersenggol sedikit saja, rasa sakitnya naik sampai ke atas ubun-ubun.

Pernah dengar lagu “daripada sakit gigi, lebih baik sakit hati ini?” yang dinyanyikan oleh penyanyi dangdut legendaris Indonesia. Oh, terbalik liriknya? Tetapi sakit hati maupun sakit gigi sama-sama tidak menyenangkan. Jika sakit hati, waktu yang bisa menyembuhkannya. Tapi jika sakit gigi? Hmm.. pasti takut kan, ketemu dokter gigi?!

Sebenarnya, mengetahui cara mencegah gigi berlubang sejak dini lebih baik untuk dilakukan agar kita bisa mengetahui sejak awal tentang cara merawat gigi yang baik karena masalah gigi berlubang memang tidak mengenal batasan usia. Anak-anak maupun orang dewasa bisa saja terkena masalah gigi berlubang.

cara mencegah gigi berlubang
Pic Source: Pixabay.com

Meskipun gigi sebenarnya bisa bertahan dalam pembusukan bahkan bisa bertahan dalam cuaca atau keadaan yang ekstrem sekalipun. Misalkan dalam keadaan setelah peristiwa kecelakaan, bentuk gigi masih tetap utuh karena gigi merupakan bagian tubuh yang kuat sehingga dalam pengidentifikasian korban, gigi menjadi salah satu alternatif untuk membantu pencocokan identitas. Tetapi sekuat-kuatnya gigi, jika mengalami pembusukan terus-menerus akan berlubang juga.

Ada beberapa faktor yang mendukung terjadinya gigi berlubang, utamanya yaitu seringnya makan makananan yang mengandung glukosa atau sederhananya, makanan yang manis seperti gulali, coklat, dan permen. Seringnya makan makanan tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang.

Bagaimana proses sederhana pengikisan gigi? Proses tersebut berawal dari sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan dibiarkan sehingga bakteri mengubahnya menjadi asam yang dapat mengikis kuatnya gigi. Oleh karena itu, kesadaran akan kesehatan gigi menjadi penting agar gigi selalu terjaga kesehatan dan tidak mudah mengalami masalah.

Ada banyak cara mencegah gigi berlubang, tetapi masyarakat di zaman sekarang menginginkan sesuatu yang serba instan dan serba cepat tetapi untuk kesehatan. Kita sebaiknya mengalah dan meluangkan sedikit waktu untuk memberikan pelayanan istimewa terhadap tubuh kita, meski dengan cara yang sederhana karena efek yang ditimbulkan dari masalah gigi berlubang selain sakit yang tak tertahankan, juga bisa mempengaruhi interaksi Anda dengan orang lain akibat munculnya bau mulut.

Cara Mencegah Gigi Berlubang secara Tradisional

Interaksi yang awalnya berjalan dengan baik, ketika masalah mulut mulai menyerang tiba-tiba interaksi menjadi terganggu karena efek bau mulut. So, Anda disarankan untuk melakukan beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai mencegah gigi berlubang agar tidak membesar

1) Merawat Gigi

Sikat gigi yang teratur setelah makan dan sebelum tidur mungkin hal sepele, tetapi hal ini sangat membantu sebagai cara mencegah gigi berlubang yang ampuh dan efektif. Menyikat gigi dapat mencegah pembusukan akibat sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Kami menyarankan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang runcing dan kecil agar bisa menjangkau seluruh sela-sela gigi. Biasanya, sisa makanan yang berukuran kecil sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Oleh karena itu, dengan menggunakan bulu sikat yang kecil, maka sisa makanan pada sela-sela gigi dapat hilang saat Anda menggosok gigi.

Selain menggosok gigi secara teratur, penggunaan pasta gigi juga bisa menjadi salah satu cara mencegah gigi berlubang agar tidak membesar. Ada beberapa pasta gigi pencegah gigi berlubang yang dapat membantu menjaga lapisan gigi. Pasta gigi pencegah gigi berlubang yang kami sarankan adalah Pepsodent. Dengan formula khususnya, pasta gigi ini memiliki zat yang dapat melindungi gigi dari kuman dan bakteri yang dapat membuat gigi bolong.

Lalu, penggunaan benang gigi atau dental floss juga menjadi salah satu cara untuk mencegah gigi berlubang agar tidak membesar. Anda bisa mencari benang gigi di apotik dan menggunakannya secara teratur. Harga benang gigi di apotik pun tak terlalu mahal, harga dental floss di apotik tidak lebih dari 30 ribu Rupiah. Atau, jika Anda bertanya dimana tempat membeli benang gigi, Indomaret bisa menjadi alternatif tempat mencari dental floss.

Jangan lupa, untuk melengkapi cara merawat gigi berlubang, Anda juga bisa menggunakan obat kumur. Penggunaan obat kumur, selain bisa mencegah gigi berlubang juga bisa mencegah plak gigi. Selain itu, obat kumur pun dapat membunuh kuman yang ada di dalam mulut dan menjaga nafas tetap fresh sepanjang hari.

2) Kurangi Makanan yang Mengandung Glukosa atau Makanan Manis

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas. Makanan seperti gulali, coklat, dan permen sebaiknya tidak dimakan secara berlebih karena faktor pendukung utama dari masalah gigi berlubang adalah makanan manis.

Akan lebih baik jika Anda mulai mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah gigi berlubang agar tidak sakit. Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah sayuran hijau dan juga ikan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah gigi berlubang, terutama yang mengandung banyak kalsium agar kesehatan dan kekuatan gigi tetap terjaga.

3) Pilih Makanan yang Sehat

Memilih makanan siap saji memang terasa menggiurkan lidah, tetapi jangan sepelekan makanan sehat. Gigi juga membutuhkan nutrisi seperti kalsium untuk melindungi dirinya dari serangan-serangan pembusukan. Makanan seperti sayur dan buah yang mengandung kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi.

Hindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin karena dapat membuat gigi sensitif. Apalagi mengkonsumsi makanan yang panas lalu diakhiri dengan minuman dingin. Hal tersebut justru akan merusak kekuatan gigi. Selain mencegah gigi berlubang, Anda juga harus waspada dan mengetahui cara mencegah gigi keropos agar gigi tetap sehat hingga tua nanti.

4) Periksa ke Dokter Gigi

Sesibuk-sibuknya Anda, luangkan waktu 6 bulan sekali untuk memeriksakan gigi ke Dokter gigi. Konsultasi dengan pakar yang mengetahui seluk-beluk tentang gigi terasa begitu penting karena dengan demikian, kita bisa mengetahui cara mencegah gigi berlubang yang benar dan mencegah gigi keropos.

Demikian informasi tentang kesehatan gigi dan juga cara mencegah gigi berlubang meluas. Namun, perlu diketahui bahwa cara mencegah gigi berlubang pada anak dan balita memiliki penanganan tersendiri.

Baca juga: Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Perlu diketahui bahwa perawatan gigi pada anak membutuhkan penanganan berbeda karena kondisi dan perilaku anak masih sulit diatur. Apalagi, rata-rata anak kecil dan balita masih memiliki gigi susu. Itu artinya, baik anak maupun balita masih memiliki proses pertumbuhan gigi yang akan terus berlanjut.

Berbeda dengan pada kasus orang dewasa. Saat dewasa, jika sebuah gigi dicabut maka gigi baru tidak bisa tumbuh begitu saja. Sedangkan pada anak atau balita, saat gigi berlubang dicabut maka masih bisa tumbuh gigi baru untuk menggantikan gigi yang tanggal. Oleh karena itu, ketahui cara mencegah gigi berlubang pada balita sejak dini agar Anda dapat menjaga kesehatan gigi si kecil sejak awal masa pertumbuhannya.

Punya masalah seputar gigi berlubang? Tinggalkan komentar di bagian bawah, ya.

Incoming search terms:

  • apa benar belacan atau terasi udang bisa mencegah gigi berlubang
  • cara yg dapat dilakukan untuk pencefah gigi berlunang asalah
  • cegah gigi kropos akibat gigi palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *