Cara Mengatasi Gigi Berlubang Ampuh

Cara Mengatasi Gigi Berlubang – Saat Anda sedang makan dan tiba-tiba gigi terasa nyeri, maka kemungkinan itu adalah tanda bahwa gigi Anda berlubang. Gigi berlubang bisa mengganggu aktivitas karena rasa nyeri yang amat sangat, sehingga Anda tidak bisa melakukan aktivitas mengunyah makanan seperti biasanya. Saat Anda mengalami kondisi seperti ini, maka solusi yang terbaik dengan mencoba cara mengatasi gigi berlubang.

Kondisi gigi bolong tentu sangat mengganggu saat makan, bahkan juga bisa mengganggu penampilan karena keadaan pipi yang membesar dengan gusi bengkak akibat kondisi gigi yang berlubang. Jika sudah seperti ini, maka tidak ada cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Anda harus segera mengobati gigi berlubang dengan obat atau berkonsultasi dengan dokter Gigi.

Cara Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak Membesar

Gigi berlubang terjadi karena adanya bakteri yang berkembang di dalam mulut sehingga membuat gigi menjadi rapuh dan bisa mengakibatkan gigi berlubang. Semakin kecil lubang pada gigi maka kemungkinan bakteri di dalam mulut atau gigi kita menjadi lebih sedikit sehingga kemungkinan untuk melakukan penambalan gigi menjadi sangat kecil. Lubang yang terdapat pada gigi tidak boleh kita anggap remeh.

Seringkali setiap orang sering menyepelekan lubang kecil yang terdapat dalam gigi sehingga lubang tersebut menjadi lebih besar. Jika gigi bolong besar, maka harus segera ditindak dengan cara mengobati gigi berlubang agar tidak merusak elemen gigi. Bahkan, dalam kasus tertentu, penambalan gigi berlubang diperlukan agar lubang tersebut tidak semakin menjalar ke bagian gigi yang lainnya.

cara mengatasi gigi berlubang ampuh
Pic Source: Pixabay.com

Gigi yang berlubang sangat berbahaya karena menyimpan banyak bakteri. Jika tidak dilakukan cara mencegah gigi berlubang, maka bakteri akan berkembang biak dan merusak jaringan gigi. Alhasil, gusi pun menjadi bengkak dan mengeluarkan nanah. Bahkan, jika tidak dilakukan perawatan gigi berlubang, maka gigi bisa menjadi bau busuk.

Oleh karena itu, kita harus melakukan cara mencegah gigi berlubang dengan melakukan hal di bawah ini:

  • Menggosok Gigi secara Teratur

Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah tidak menggosok gigi secara teratur. Seperti yang sering dianjurkan oleh Doker Gigi, menggosok gigi secara teratur dilakukan minimal 2 kali dalam sehari, yakni pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Di pagi hari, kuman yang terkandung di dalam air liur dan di sela-sela gigi harus dibersihkan dengan menggosok gigi. Dan sebelum tidur, kita harus menggosok gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut pada sela-sela gigi.

Menggosok gigi secara teratur merupakan cara mencegah gigi berlubang agar tidak membesar dan meluas. Jika tidak ada sisa makanan yang menempel pada gigi, maka tidak ada bakteri yang terselip dan membuat gigi bolong. Akan lebih baik jika kita membersihkan gigi setelah makan. Untuk membersihkan gigi secara menyeluruh, silahkan baca artikel tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar.

Baca juga: Cara Menggosok Gigi yang Benar

  • Kumur dengan Obat Kumur Antiseptik

Jika menggosok gigi secara teratur setelah makan dirasa terlalu berat, maka Anda bisa menggunakan obat kumur antiseptik untuk membersihkan sisa makanan dan menyegarkan mulut. Ada berbagai merk obat kumur untuk gigi berlubang yang akan mengangkat sisa makanan dan membunuh bakteri yang menyebabkan gigi bolong.

Apalagi, sekarang juga tersedia berbagai merk obat kumur herbal yang mengandung antiseptik dan tanpa alkohol. Selama ini, obat kumur Listerine merupakan salah satu pilihan masyarakat Indonesia untuk mengatasi gigi berlubang.

Baca juga: Obat Kumur Terbaik

  • Mengurangi Makanan Manis

Cara mencegah gigi berlubang secara tradisional selanjutnya adalah dengan mengurangi makanan yang manis. Biasanya, kandungan glukosa pada makanan yang manis dapat merusak lapisan email gigi. Sehingga, gigi pun tidak memiliki perlindungan yang cukup dan akan mempermudah bakteri untuk merusak lapisan email gigi. Hasilnya, muncul lubang kecil pada gigi yang tidak terlihat. Jika tidak dilakukan cara mengobati gigi berlubang, maka bakteri akan berembang biak dan merusak bagian gigi lain.

  • Rutin Periksa Gigi

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sebelum mengetahui cara mengobati sakit gigi berlubang, ada baiknya untuk mencegah terjadinya lubang pada gigi. Sebelum terlambat, silahkan periksa gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali, atau 2 kali dalam setahun. Untuk cek rutin, biaya periksa gigi di PMI dan Puskesmas pun sangat terjangkau, berkisar mulai dari Rp 60.000,- hingga Rp 90.000,- tergantung dengan perawatan gigi yang dilakukan.

Biaya periksa gigi di Puskesmas atau PMI tentu lebih murah daripada biaya perawatan gigi berlubang atau biaya menambal gigi permanen yang akan mengurasa kantong Anda. Biasanya, biaya tambal gigi permanen di PMI atau Puskesmas berkisar mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 150.000,- tergantung dengan jenis tambalan yang dipilih.

Demikian informasi tentang cara mencegah gigi berlubang agar tidak membesar. Cara tersebut harus diterapkan pada anak agar gigi bolong tidak meluas dan membesar.

Baca juga: Cara Mencegah Gigi Berlubang

Lakukan cara-cara tersebut agar gigi tetap sehat. Namun, jika gigi bolong besar, bau, dan gusi bengkak, maka diperlukan penanganan lain untuk menyelamatkan bentuk gigi. Anda perlu mengetahui cara mengobati gigi berlubang dengan cepat.

Cara Mengobati Gigi Berlubang Parah

Penambalan Gigi merupakan cara yang paling efektif sebagai mengobati gigi berlubang parah, bau, dan gusi bengkak dengan cepat akibat pola makan yang tidak benar agar lubang yang terdapat di dalam gigi tidak semakin meluas dan bertambah parah yang bisa mengakibatkan gigi menjadi keropos.

Cara ini pun efektif untuk mengobati gigi berlubang pada ibu hamil. Mau tahu cara mengobati gigi berlubang pada ibu hamil dan anak-anak? Yuk, kita lihat cara menghilangkan sakit gigi berlubang dengan cepat:

  • Menggunakan Garam

Untuk mengatasi gigi berlubang parah yang pertama adalah dengan menggunakan garam yang dicampur dengan air hangat. Garam mengandung anti bakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri gigi yang menyebabkan rasa sakit pada gigi bolong.

Siapkan 1 gelas air hangat dan tidak terlalu panas. Larutkan 1 sendok kecil garam dan aduk hingga merata. Setelah tercampur, gunakan air tersebut untuk kumur-kumur. Air garam pun bisa digunakan sebagai pengganti obat kumur antiseptik di apotik. Kumur dengan air garam secara rutin pada pagi dan malam hari untuk mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang dan membunuh kuman yang merusak gigi.

  • Minyak Cengkeh

Sama halnya dengan garam, cengkeh pun bisa digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang. Anda dapat membeli minyak cengkeh atau membuat ramuan sendiri dengan mengeringkan cengkeh dan mengambil ekstrak-nya.

Ada beberapa zat anti bakteri yang dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi yang bolong. Caranya pun mudah, larutkan minyak cengkeh dalam air hangat dan gunakan untuk kumur. Atau, Anda bisa meneteskan ekstrak cengkeh pada sebuah kapas, lalu menempelkan pada gigi berlubang parah. Selain membunuh bakteri, cengkeh juga dapat menghilangkan bau pada gigi bolong.

  • Bawang Putih

Kombinasi antara bawang putih dan sedikit garam ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang. Anda hanya perlu menumbuk satu suing bawang putih dan menaburi dengan sedikit garam. Setelah itu, oleskan pada gigi yang berlubang. Diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, ambil pasta tersebut dan kumur dengan air hingga bersih.

  • Asam Jawa

Beli asam jawa asli di pasar. Lalu, ambil biji asam jawa dan cuci hingga bersih. Setelah itu, keringkan dan sangria hingga mengeluarkan bau yang sedap. Setelah didinginkan selama beberapa saat, tumbuk hingga halus. Setelah itu, oles pada bagian gigi yang berlubang. Lakukan selama beberapa hari hingga gusi bengkak menghilang.

  • Jeruk Nipis

Jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, vitamin C juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk mengatasi sakit gigi berlubang, teteskan sari jeruk nipis pada gigi yang berlubang. Lakukan selama beberapa kali dalam sehari.

  • Bawang Merah

Pilihan ini bisa Anda coba saat muncul rasa nyeri dan sakit pada gigi berlubang. Umumnya, ini terjadi pada gigi yang sudah berlubang parah dan bau. Untuk mengatasi gigi berlubang, kunyah 1 butir bawah merah dengan menggunakan gigi yang bolong.

Tahan dan rasakan sari bawang merah merembes di gusi dan gigi yang bolong. Lakukan cara ini sampai rasa sakit hilang. Setelah itu, kumur hingga bersih agar bau mulut menghilang.

  • Blimbing Wuluh

Ada cara lain untuk mengobati gigi berlubang parah. Dengan kombinasi Blimbing Wuluh dan sedikit garam, Anda dapat mengunyah di bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakit pada gusi yang bengkak karena gigi berlubang hilang.

  • Daun Jambu Biji

Pada dasarnya, cara mengatasi gigi berlubang hampir sama, yakni menghaluskan atau mengunyah obat tradisional untuk mengobati gigi berlubang. Anda bisa mengunyah beberapa lembar daun jambu biji dengan gigi yang sakit. Cara lain bisa dilakukan dengan merebus daun jambu biji dengan air dan menggunakan air rebusan yang telah dingin untuk kumur.

  • Lada

Anda pun dapat menggunakan lada untuk mengatasi gigi berlubang yang sensitif. Pertama, ambil beberapa butir lada dan haluskan. Setelah itu, campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Taburi dengan sedikit garam lalu oleskan pada gigi yang bolong.

  • Tambal Gigi

Tambal gigi merupakan cara terakhir untuk mengatasi gigi berlubang parah yang sudah membesar. Tak ada cara lain yang bisa dilakukan. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi dan cari tahu solusi untuk mengatasi gigi berlubang. Biasanya ada dua pilihan yang disarankan oleh dokter.

Jika mahkota gigi masih kokoh dan kuat, maka tambal gigi menjadi cara untuk mengatasi gigi berlubang. Namun jika mahkota gigi telah rusak, maka cabut gigi merupakan satu-satunya pilihan.

Tambal Gigi Berlubang Harga

Ada banyak pertanyaan mengenai tambal gigi berlubang, seperti “Tambal gigi berlubang sakit tidak?” atau pertanyaan lain, seperti “Gigi bolong harus dicabut atau ditambal?”. Pertanyaan tersebut kerap terlontar dari seseorang yang ingin mengetahui cara menambal gigi berlubang sendiri ke dokter gigi.

Tambal gigi yang bolong biasanya dilakukan oleh Dokter Gigi di Puskesmas, PMI atau di Poli Gigi. Biaya tambal gigi berlubang pun bervariasi tergantung dengan jenis bahan tambal gigi. Bahan tambal gigi ada yang permanen dan ada yang temporses. Cara ini bisa mengurangi nyeri yang diakibatkan karena gigi berlubang, sehingga kita bisa melakukan aktivitas mengunyah dan makan seperti biasanya. Biaya tambal gigi berlubang, harga mulai dari Rp 100.000,- untuk tambal gigi di PMI.

Baca juga: Biaya Tambal Gigi dan Jenis Tambal Gigi

Namun untuk melakukan tambal gigi diperlukan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Gigi mengenai seberapa parah keadaan gigi yang berlubang. Untuk melakukan tambal gigi, sebaiknya dilakukan ketika gigi sedang tidak merasakan nyeri dan gigi sedang dalam keadaan baik-baik saja.

Proses Tambal Gigi

Proses penambalan gigi berlubang dengan cara mengambil jaringan gigi yang rusak dan mengambil bakteri yang ada di dalam gigi yang membuat gigi menjadi berlubang. Ada beberapa cara untuk melakukan penambalan gigi yaitu cara penambalan langsung dan tidak langsung.

Penambalan langsung yaitu penambalan yang diletakkan pada gigi secara langsung dan bisa selesai dengan cepat atau dilakukan hanya dengan sekali kunjungan. Penambalan tidak langsung yaitu penambalan yang dilakukan tidak bisa selesai dengan cepat waktu, membutuhkan beberapa kali kunjungan untuk memeriksakan keadaan gigi tersebut apakah sudah membaik atau belum. Penambalan gigi berlubang dengan memasukkan bahan-bahan ke dalam gigi berlubang yang bisa mengatasi nyeri pada gigi berlubang tersebut.

Kebanyakan orang saat ini khawatir apabila menambal gigi karena gigi mereka akan berubah warna, bahkan bisa menjadi lebih parah. Tidak perlu khawatir karena saat ini bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan tambal gigi menggunakan bahan-bahan yang aman dan tidak akan membuat kondisi gigi semakin parah.

Proses tambal gigi permanen tidak ada efek sampingnya apabila dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan dan orang yang mengalami gigi berlubang mengikuti perintah sesuai dengan anjuran Dokter Gigi. Untuk menghindari terjadinya gigi berlubang dan supaya tidak dilakukan penambalan gigi berlubang, maka harus menjaga kesehatan gigi dengan cara sikat gigi yang benar dan teratur, mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis yang dapat memicu timbulnya bakteri di dalam gigi, dan menghindari kebiasaan-kebiasaan merugikan yang dapat membuat gigi berlubang.

Peringatan!

Kami tidak menyarankan untuk mencoba tambal gigi berlubang sendiri meskipun Anda mengetahui cara menambal gigi berlubang secara alami. Proses tambal gigi berlubang harus dilakuakan oleh Dokter Gigi yang memiliki keahlian tersebut. Cara tambal gigi sendiri justru akan merusak mahkota gigi dan memperparah kerusakan gigi.

Obat Gigi Berlubang

Di apotek, ada banyak obat sakit gigi berlubang dan ngilu yang bisa dipilih untuk mengatasi gigi berlubang parah. Namun, ada baiknya untuk memilih obat sakit gigi berlubang resep dokter yang lebih terjamin. Apalagi, biasanya Dokter Gigi menyarankan obat tertentu dengan tujuan dan dosis yang tepat sehingga rasa sakit dan ngilu pada gigi berlubang dapat sembuh.

Banyak orang yang mendambakan obat gigi berlubang ampuh, baik yang tersedia di apotek ataupun obat gigi berlubang tradisional. Bagi Anda yang ingin mencoba obat sakit gigi berlubang dan ngilu yang tradisional bisa mencoba resep ini:

Minyak Tempurung Kelapa

Untuk obat sakit gigi berlubang tradisional yang satu ini cukup mudah dibuat. Anda hanya perlu mencari kelapa tua. Ambil tempurungnya dan bakar di atas api hingga mengeluarkan minyak. Tunggu hingga tempurung tersebut agak sedikit berbusa hingga akhirnya meneteskan minyak. Teteskan pada piring kecil dan gunakan kapas agar minyak tersebut meresap ke dalam kapas. Setelah itu, tempelkan pada gigi yang berlubang dan gigit hingga beberapa menit.

Pastikan bahwa minyak kelapa tersebut tidak terlalu panas sehingga tidak merusak email gigi. Lakukan cara ini selama 2 atau 3 hari hingga gigi berlubang tidak ngilu dan tidak sakit. Tentu saja, cara ini kurang dianjurkan karena belum terbukti secara medis. Ini hanya cara yang kerap dilakukan oleh orang jaman dulu dalam mengatasi gigi berlubang.

Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu

Namun bagi Anda yang ingin obat sakit gigi berlubang di apotik dapat memilih obat Asam Mefenamat, yang merupakan obat yang berguna untuk meredakan nyeri dan ngilu pada gigi. Dalam kasus yang ringat, Asam Mefenamat dapat membantu meringankan gigi ngilu karena gigi berlubang dan gusi bengkak.

Baca juga: Obat Gigi Berlubang yang Ampuh

Peringatan:

Asam Mefenamat dapat menjadi obat gigi berlubang yang ampuh meredakan ngilu. Namun JANGAN DIKONSUMSI oleh penderita Asam Lambung atau Maagh.

Pastikan bahwa Anda tidak memiliki riwayat penyakit maagh akut karena kandungan Asam Mefenamat kurang bersahabat bagi mereka yang memiliki masalah lambung. Minum obat ini 3 kali dalam sehari setelah makan.

Namun jika selama 2 atau 3 hari belum sembuh juga, obat yang digunakan bisa diganti dengan Cataflam. Obat ini memiliki dosis yang tinggi sehingga rasa ngilu pun bisa segera hilang seketika. Namun demi kebaikan dan kesehatan, gunakan dulu Asam Mefenamat yang memiliki dosis rendah.

Disclaimer:

Obat yang disebutkan merupakan saran dari tim redaksi yang sudah dikonsultasikan dengan Apoteker. Asam Mefenamat dan Cataflam dapat ditemukan di Apotek terdekat untuk mengatasi gigi berlubang. Kami menyarankan bagi pembaca untuk bijaksana, KONSULTASI DULU dengan Dokter Gigi untuk mendapatkan obat sakit gigi berlubang paling ampuh.

Incoming search terms:

  • cara menambal gigi berlubang sendiri
  • bagaimanakah untuk mengetahui bahwa tambalan gigi mulai menipis
  • cara memperbaiki gigi yang rusak
  • cara menambal gigi berlubang secara alami
  • cara mengatasi sakit gigi yang berlubang dengan menambal pasta gigi di lubang gigi apakah benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *