Hukum Sikat Gigi Saat Puasa Menurut Ulama Islam

Bagaimana hukum sikat gigi saat berpuasa? Batalkah puasa kita saat menyikat gigi, mengingat terdapat larangan untuk memasukkan benda ke dalam rongga mulut selama waktu berpuasa? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya pernah terpikirkan oleh kita sebagai umat Muslim yang diwajibkan berpuasa saat bulan Ramadhan.

Beberapa dari kita mungkin merasa ragu, karena jika tidak menyikat gigi maka mulut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, sedangkan jika kita memaksakan diri untuk menyikat gigi, kita khawatir puasa akan batal. Lantas, bagaimana penjelasan mengenai hukum sikat gigi saat berpuasa dalam ajaran Islam? Berikut beberapa pendapat dari para ulama beserta penjelasannya.

Hukum Sikat Gigi saat Puasa Menurut Islam

Penjelasan ini akan membantu Anda yang masih bingung dan sering bertanya “sikat gigi saat puasa apakah membatalkan puasa?” karena tentu, sebagai umat muslim yang taat, kita harus tahu hukum gosok gigi saat puasa sunnah dan puasa wajib di bulan Ramadhan. Begitu juga tentang berkumur saat puasa. Kita harus paham betul tentang hukum berkumur saat puasa agar ibadah kita sempurna.

hukum sikat gigi saat puasa

Pendapat pertama mengatakan bahwa hukum sikat gigi saat puasa hukumnya mubah atau diperbolehkan. Hal ini dikarenakan menyikat gigi tak ubahnya seperti bersiwak. Bersiwak merupakan kegiatan menggosok gigi menggunakan akar atau dahan dari pohon salvadora persica, yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk bersiwak setiap hari, bahkan sesering mungkin terlepas itu dilakukan saat bulan Ramadhan atau bulan-bulan lainnya. Anjuran ini diperkuat oleh hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi yang berarti, “dari sahabat Rasulullah, ia berkata: Aku pernah melihat Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali, hingga tidak dapat kuhitung jumlanya, meski saat itu beliau sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Pendapat kedua mengatakan bahwa menyikat gigi saat berpuasa hukumnya makruh atau sebaiknya dihindari. Tidak semua ulama menyetujui pendapat tentang hukum menyikat gigi saat puasa. Hal ini karena dikhawatiran air akan masuk ke kerongkongan, sehingga dapat membatalkan puasa. Padahal selama bulan Ramadhan, kita diwajibkan untuk menahan rasa haus dan lapar, terhitung sejak waktu subuh hingga waktu maghrib atau terbenamnya matahari.

Terdapat ulama yang menyampaikan pendapatnya, bahwa: bagi orang yang sedang berpuasa, makruh bersiwak setelah waktu dzuhur. Pendapat tersebut didasarkan pada sebuah hadist yang berarti, “aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah pada hari Kiamat, daripada wangi minyak kesturi.”

Bolehkah Sikat Gigi Saat Puasa dengan Odol/Pasta Gigi?

Setelah perbedaan pendapat mengenai hukum menyikat gigi saat berpuasa, perdebatan masih sering kali terjadi di antara orang-orang yang meyakini pendapat pertama. Bolehkan menggunakan pasta gigi untuk menyikat gigi selama waktu puasa? Ada dua pendapat.

Pendapat pertama mengatakan bahwa menggunakan pasta gigi untuk menyikat gigi saat berpuasa diperbolehkan, selama tidak sampai tertelan ke kerongkongan. Pendapat kedua mengatakan sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi, karena pasta gigi umumnya cenderung memiliki berbagai macam rasa (biasanya mint) yang akan berbekas di dalam rongga mulut. Selain itu, dikhawatirkan pula pasta gigi yang sudah masuk ke dalam mulut akan bercampur dengan liur, hingga akhirnya tidak sengaja tertelan.

Tips Gosok Gigi saat Puasa

Lantas, bagaimana sebaiknya kita menjaga kebersihan gigi saat berpuasa? Ditambah lagi, Islam mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Jika kita ragu untuk menyikat gigi saat telah memasuki waktu berpuasa, maka dianjurkan untuk menyikat gigi setelah sahur sebelum waktu subuh.

Kita juga dapat menyikat gigi setelah berbuka puasa atau setelah waktu maghrib. Jika kita lupa dan terpaksa menyikat gigi saat telah memasuki waktu berpuasa, maka sebaiknya gunakan pasta gigi dalam jumlah yang sedikit dan usahakan air tidak sampai tertelan. Demikian penjelasan mengenai pendapat boleh atau tidaknya menyikat gigi saat berpuasa. Semoga kita dapat menjaga ibadah di bulan yang penuh rahmat ini.

Incoming search terms:

  • apa sih hukumnya gosok sisi di saat puasa
  • apakah batal puasa jika sikat gigi saat mau terbenam matahari?
  • bolehkah berpuasa sikat gigi adzan dzuhur
  • bolehkah ke dokter gigi saat puasa
  • dalil hukum mubah dan makruh gosok gigi saat berpuasa
  • pendapat para ulama tentang hukum menggosok gigi saat puasa
  • terpaksa ketelan saat sikat gigi puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *