Jenis Jenis Behel Gigi, Kekurangan dan Kelebihannya!

Melakukan perawatan terhadap gigi kita termasuk memperbaiki posisi agar lebih rapi dan terlihat lebih cantik kini sangat lazim dilakukan masyarakat. Memperbaiki posisi gigi memang dapat menjadi pengaruh besar terhadap wajah seseorang. Orang yang memiliki gigi rapi cenderung memiliki senyum yang lebih menarik, walaupun ada daya tarik tertentu bagi mereka yang memiliki gigi gingsul terutama gingsul di gigi taring, akan tetapi daya tarik orang yang memiliki gigi rapi sangat menggoda.

Apalagi bagi mereka yang memiliki gigi tidak beraturan dan mengalami gigi gingsul di tempat yang tidak semestinya, memiliki gigi yang rapi menjadi salah satu impian yang ingin diwujudkan. Salah satu cara efektif untuk memperbaiki posisi gigi dan membuatnya lebih rapi adalah dengan melakukan perawatan behel gigi. Cara ini sudah ada sejak dulu, akan tetapi menjadi populer belakangan ini karena berbagai inovasi yang membuat melakukan proses behel gigi tidak sesakit seperti pada jaman dahulu dan memiliki waktu perawatan yang lebih cepat.

gambar Jenis Jenis Behel Gigi

5 Macam Behel Gigi

Sebelum kita memutuskan untuk menggunakan behel gigi, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu berbagai macam behel gigi yang ada saat ini sehingga kita bisa memutuskan behel mana yang tepat untuk kita tentunya sesuai dengan saran dokter gigi yang kita pilih. Adapun macam-macam behel atau kawat gigi yang ada sekarang ini adalah sebagai berikut.

  1. Behel Estetis

Behel estetis juga biasa disebut dengan ceramic bracket. Behel jenis ini memiliki warna yang sama dengan warna gigi sehingga jika Anda memakai behel jenis ini sekilas orang tidak akan menyadari bahwa Anda menggunakan behel. Behel ini juga sangat nyaman digunakan terutama saat mengunyah makanan, berbicara, dan lainnya. Anda bisa memilih behel jenis ini jika ingin melakukan treatment perbaikan posisi gigi yang tidak kentara.

  1. Behel Metal

Behel metal atau metal braces adalah behel yang memiliki kawat yang terbuat dari metal. Behel jenis ini adalah behel yang paling banyak digunakan untuk merapikan gigi sebagian besar masyarakat dan harganya cenderung lebih murah dari behel estetis. Seperti halnya behel estetis, behel metal juga termasuk dalam behel yang cukup nyaman digunakan.

Behel metal keluaran Jerman dan Amerika Serikat merupakan behel metal yang memiliki kualitas paling baik untuk pemakaian jangka panjang. Memilih produk yang baik menjadi sangat penting karena hal tersebut menyangkut kesehatan gigi dan mulut Anda. Apalagi karena bahan pembuatnya adalah jenis metal, bagi mereka yang sangat peka atau sensitif terhadap bahan metal, disarankan tidak memakai behel dengan bahan ini.

  1. Behel Damon

Behel damon adalah behel yang bentuknya mirip dengan behel yang terbuat dari metal. Yang membedakannya adalah behel jenis ini memiliki sistem penguncian sendiri. Behel ini juga termasuk dalam jenis behel yang lebih nyaman dan lebih higienis dibanding behel lainnya. Gigi Anda akan lebih leluasa bergerak dengan behel jenis ini. Pergerakannya juga menjadi lebih stabil sehingga tidak membutuhkan kontrol lain seperti yang digunakan pada behel jenis lainnya.

  1. Behel Lepasan

Behel lepasan dapat digunakan pada masa pertumbuhan anak-anak untuk memperbaiki posisi gigi dari awal agar posisinya teratur. Behel ini biasanya digunakan untuk memperbaiki berbagai kasus gigi yang ringan seperti mencegah terjadinya gigi gingsul pada pertumbuhan gigi anak dan sebagainya. Behel jenis ini dapat digunakan sepanjang hari, jika akan makan, Anda bisa melepas behel tersebut dan memasangnya lagi setelah makan.

  1. Invisalign

Invisalign merupakan sebuah behel gigi transparan. Bentuknya menyerupai cetakan gigi transparan yang terbuat dari plastik dan dapat dilepas saat akan makan. Penggunaannya biasanya untuk mempertahankan bentuk gigi agar tidak goyang dan tetap pada posisinya pada akhir perawatan perbaikan posisi gigi atau untuk memperbaiki posisi gigi yang sangat ringan sehingga tidak perlu melakukan proses behel gigi seperti biasa. Untuk kasus perbaikan gigi ringan, alat ini akan mengalami pergantian tiap 2 minggu sekali sampai gigi benar-benar rapi. Bagi kasus perbaikan posisi gigi yang parah, penggunaan invisalign tidak disarankan.

Nah, itu tadi berbagai macam behel gigi yang ada saat ini. Kita ketahui bersama bahwa manfaat behel gigi adalah untuk merubah posisi gigi menjadi lebih rapi sehingga tidak menyulitkan dan membuat tampilan kita menjadi lebih menarik. Behel gigi gingsul dapat dilakukan untuk membuat gigi terkesan lebih rapi. Yang perlu diperhatikan adalah melakukan pembehelan gigi merupakan suatu tindakan medis yang harus dilakukan oleh dokter gigi.

Harga Behel Gigi dan Biaya Perawatan

Perlu diperhatikan pula biaya yang harus dipersiapkan jika Anda memiliki rencana untuk merapikan gigi. Saran kami, pilih Dokter Gigi yang berpengalaman dan memiliki kompetensi. Proses merapikan gigi dengan behel membutuhkan waktu yang lama dan bahan berkualitas. Tentu saja, behel gigi yang berkualitas memiliki harga yang cenderung mahal. Sedangkan untuk behel biasa relatif lebih murah.

Untuk model behel permanen dengan bahan metal, biaya pasang mulai dari 5 juta rupiah. Sedangkan untuk behel dengan bahan dasar titanium cenderung lebih mahal, yakni sekitar 7 juta hingga 10 juta lebih. Namun Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki dana yang cukup. Ada beberapa pilihan behel gigi murah, seperti behel gigi lepasan yang dibandrol dengan tarih mulai dari 500 ribu rupiah.

Harga tersebut belum termasuk biaya perawatan behel yang harus dilakukan secara rutin. Perlu diketahui bahwa dengan memutuskan menggunakan behel, maka kita memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam merawat kesehatan gigi, gusi dan mulut. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan behel, masa penyesuaian akan menjadi saat yang paling menyiksa karena Anda akan mengalami beberapa masalah seperti ngilu pada gusi, sariawan, dan masalah kesehatan gigi yang lain.

Baca Juga: Harga Behel Gigi dan Biaya Perawatan Behel Gigi 2017

Baca Juga: Biaya Pasang Behel di Dokter Gigi 2017

Dalam 1 bulan, minimal Anda harus datang 1 kali untuk bertemu dengan Dokter Gigi guna memeriksakan perkembangan behel dan berkonsultasi mengenai masalah lain yang muncul setelah pemasangan behel. Tentu Anda memerlukan biaya tambahan untuk cek Dokter, pembelian sikat gigi khusus untuk behel dan bahkan biaya obat jika diperlukan. Meski tak semahal dengan harga behel gigi, namun bagaimana pun juga Anda harus memikirkan biaya perawatan. Ini sangat penting agar Anda tahu bagaimana cara merawat behel gigi.

Jangan hanya karena fashion, Anda memasang behel gigi sembarangan. Hal tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut Anda. Menjaga kebersihan gigi dan mulut juga dibutuhkan agar gigi Anda tetap terjaga kesehatannya saat sedang dibehel. Bersihkan gigi Anda setelah makan dan sebelum tidur agar behel Anda tetap bersih dan gigi Anda sehat.

Incoming search terms:

  • perbedaan behel damon dan behel biasa
  • behel keramik vs metal
  • jenis behel gigi
  • kelebihan dan kekurangan memakai behel
  • behel keramik
  • https://www forumdoktergigi com/jenis-jenis-behel-gigi-kekurangan-dan-kelebihannya/
  • apa bedanya behel murah dan mahal
  • perbedaan behel keramik dan metal
  • jenis jenis behel
  • beda behel metal dan ceramic
  • kelebihan dan kekurangan behel
  • kelebihan dan kekurangan menggunakan be
  • perbedaan behel ceramic dan sapphire
  • perbedaan behel murah dan mahal
  • bedanya bracket isi 10 dan lebih
  • gigi setelah di behel
  • behel titanium
  • Behel Ceramic
  • manfaat behel
  • apa perbedaan metal classic braces dengan metal premium braces
  • kelebihan dan kekurangan behel damon
  • manfaat behel metal
  • perbedaan behel damon dan metal
  • keuntungan kerugian pasang behel jangka panjang
  • behel gigi harga dan kelebihan nya
  • bedanya behel murah dan mahal
  • bedanya bravket damin sm metal
  • saran behel yang amam
  • bahaya behel kramik
  • beda behel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *