Merk Pasta Gigi Anak yang Aman

Pasta Gigi Anak – Berbicara mengenai kesehatan gigi anak, orang tua harus merawat selama masa awal tumbuh gigi. Jika kesehatan gigi anak dirawat sejak dini, maka kemungkinan terjadinya kerusakan gigi saat dewasa amat kecil. Oleh karena itu, orang tua harus selektif terhadap produk perawatan gigi untuk anak yang bagus. Namun sebelum memilih pasta gigi anak yang bagus, orang tua harus tahu tentang sikat gigi anak.

Baca juga: Sikat Gigi Bayi dan Anak

Struktur gigi bayi, anak, dan orang dewasa itu berbeda. Maka, kita pun harus menggunakan jenis sikat gigi yang berbeda pula. Begitu juga kebutuhan nutrisi gigi anak, kita pun harus menggunakan pasta gigi sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Ada beberapa macam jenis pasta gigi anak yang beredar di pasaran. Merk pasta gigi anak pun bervariasi, mulai dari Pigeon, Kodomo, Switzal, Jack n Jill, dan lain sebagainya. Beberapa pasta gigi anak yang tidak mengandung fluoride sangat direkomendasikan. Ada pula ibu yang lebih memilih pasta gigi anak enzim yang terbuat dari bahan herbal alami. Penggunaan pasta gigi pun harus disesuaikan dengan usia, mulai dari pasta gigi anak 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dan pasta gigi untuk balita. Anda harus memilih merek pasta gigi yang aman untuk anak agar tidak terkontaminasi zat-zat berbahaya.

gambar pasta gigi anak 1 tahun
Pic Source: Pixabay.com

Tips Memilih Pasta Gigi Anak yang Bagus

Dihimpun dari berbagai sumber terpercaya, seperti alodokter.com, kami merangkum tips memilih pasta gigi anak yang aman untuk anak. Namun sebelum itu, mari kita lihat bagaimana cara memilih pasta gigi yang tepat untuk anak kecil.

Pasta Gigi Mengandung Fluoride dan Deterjen Sedikit

Ini sangat penting karena pada dasarnya, kekebalan imun tubuh bayi atau anak belum sempurna. Jika sejak kecil anak sering mengkonsumsi zat destruktif, maka ada kemungkinan sang anak dapat terkena dampaknya. Apalagi pasta gigi digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anak juga kadang memiliki kebiasaan buruk, yakni menelan pasta gigi.

Dengan memilih pasta gigi anak non fluoride dan mengandung sedikit deterjen, maka ibu tak perlu khawatir jika balita gemar menelan karena pasta gigi organic aman jika tertelan.

Jangan Menggosok Gigi Setelah Makan

Pada dasarnya di dalam mulut terdapat zat asam dan zat basa. Selama ini banyak orang salah beranggapan dengan menggosok gigi setelah makan. Padahal, akan lebih baik jika kita membiarkan gigi kita menetralisir zat asam dan basa di dalam mulut secara alami.

Terkadang, pasta gigi justru bisa mengganggu keseimbangan zat asam dan basa di dalam mulut. Oleh karena itu, Ibu harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menyikat gigi anak.

Pilih Merek Pasta Gigi Anak Populer

Merk pasta gigi anak yang aman biasanya sudah teruji oleh BPOM. Ibu harus menggunakan merk pasta gigi anak yang bagus dan sudah terdaftar resmi di BPOM. Waspadai juga produk odol anak yang palsu dan mengandung zat yang berbahaya.

Gunakan Pasta Gigi Secukupnya

Tips terakhir adalah menggunakan pasta gigi secukupnya. Untuk anak, gunakan pasta gigi sedikit saja, yakni sebesar bulir jagung. Jangan menggunakan pasta gigi terlalu banyak untuk menggosok gigi anak. Sesuaikan juga dengan jumlah gigi.

Gunakan Sikat Gigi dengan Bulu Halus

Saat menggosok gigi anak atau balita, Ibu juga harus menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut. Gosok secara perlahan di sela-sela gigi. Gunakan bulu sikat yang halus agar bisa menjangkau seluruh gigi dalam mulut.

Pasta Gigi Fluoride atau Tanpa Fluoride?

Selama ini mungkin Anda bingung saat memilih pasta gigi anak yang bagus. Ada banyak simpang siur tentang zat Fluoride. Untuk membantu Anda memahami kegunaan zat ini, kami akan membahasnya secara lebih lengkap.

Fluoride merupakan sebuah senyawa yang tergolong sebagai mineral yang baik untuk kesehatan gigi selama digunakan dengan dosis yang sesuai. Itu artinya, selama tidak berlebihan, pasta gigi anak yang mengandung fluoride baik untuk mencega gigi berlubang dan melindungi lapisan gigi.

Jika kuman berkembang biak dan tidak dibasmi dengan menggunakan fluoride, justru gigi akan mudah keropos dan berlubang. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Zat ini akan berbahaya jika tertelan dalam jumlah dosis yang banyak karena bisa mengganggu organ di dalam tubuh. Ini merupakan tugas ibu untuk memastikan bahwa anak tidak menelan pasta gigi yang digunakan.

Adapun beberapa zat lain yang terkandung dalam pasta gigi anak, seperti:

Zat Perasa, zat ini yang membuat sebuah pasta gigi memiliki rasa tertentu.

Deterjen, zat ini yang menghasilkan busa saat digosok ke bagian gigi.

Zat humektan, zat ini menjaga pasta gigi tidak kering di dalam wadah.

Zat abrasive, kalsium dan silikat yang menjaga gigi putih.

Di dalam setiap pasta gigi anak, zat tersebut selalu ada dalam kandungan. Oleh karena itu, tugas ibu hanya perlu memilih produk yang tepat dan melakukan pengawasan.

Merk Pasta Gigi Anak yang Bagus

Sekarang adalah saat yang tepat bagi para orang tua untuk memilih merek pasta gigi anak yang tepat. Di bawah ini, ada beberapa merek pasta gigi untuk anak paling populer di Indonesia.

Pasta Gigi Bayi Switzal

Switzal merupakan sebuah merk dagang yang menjual berbagai perlengkapan bayi. Pasta gigi bayi Switzal mengandung Fluoride dalam jumlah khusus dan dijamin aman meskipun tertelan. Namun, tetap saja pengawasan ibu sangat diperlukan untuk mengurangi kebiasaan buruk menelan pasta gigi. Untuk harga pasta gigi Switzal pun tidak terlalu mahal.

Pasta Gigi Anak Kodomo

Kodomo juga merupakan salah satu brand perawatan kesehatan bayi yang kini menghadirkan pasta gigi yang mengandung fluoride dalam jumlah normal. Pasta gigi ini juga bisa menjadi alternatif bagi Ibu yang sedang mencari pasta gigi terbaik untuk anak. Harga pasta gigi anak Kodomo pun murah, sekitar 10 ribuan.

Pasta Gigi Anak Pigeon

Bagi Ibu yang mencari pasta gigi anak yang tidak mengandung fluoride, Pigeon menghadirkan beragam pasta gigi dengan label Fluoride-Free yang aman untuk digunakan anak usia 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun. Tersedia berbagai pilihan rasa seperti Strawberry dan Jeruk yang pasti disukai oleh anak-anak. Harga pasta gigi anak Pigeon pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 12.000,- saja.

Pasta Gigi Anak Enzim

Merk pasta gigi anak Enzim ini tidak mengandung deterjen sama sekali sehingga tidak berbusa saat digunakan. Ada 4 varian rasa berbeda yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan anak, seperti Bubble Gum, Strawberry, Tutty Frutti, dan juga Jeruk. Untuk harga pasta gigi anak Enzim pun tidak terlalu mahal.

Demikian informasi lengkap tentang merek pasta gigi anak yang cocok untuk mengatasi berbagai permasalahan gigi sejak dini. Pilih produk yang tepat agar gigi anak terawat.

Incoming search terms:

  • merek pasta gigi untuk anak 1 tahun
  • pasta gigi untuk anak 1 tahun
  • pasta gigi anak yang tidak mengandung fluoride
  • pasta gigi anak yang boleh ditelan
  • merek pasta gigi anak yang aman jika tertelan
  • https://www forumdoktergigi com/merk-pasta-gigi-anak-yang-aman/
  • pasta gigi anak yang aman jika tertelan
  • pasta gigi anak enzim
  • pasta gigi kodomo boleh ditelan
  • pasta gigi bayi
  • pasta gigi anak
  • merek pasta gigi yang aman untuk balita
  • pasta gigi enzim anak aman jika tertelan
  • pasta gigi untuk anak 2 tahun
  • pasta gigi enzim anak
  • pasta gigi bayi 1 tahun
  • pasta gigi untuk anak
  • pasta gigi anak 1 tahun
  • pasta gigi bayi switzal
  • pasta gigi untuk bayi
  • pasta gigi anak kodomo
  • merek pasta gigi anak tanpa fluoride
  • pasta gigi anak non fluoride
  • merk sikat gigi untuk anak 1 tahun
  • merek pasta gigi anak
  • pasta gigi kodomo
  • pasta gigi yang aman
  • pasta gigi yang aman untuk bayi
  • pasta gigi anak yang bisa ditelan
  • pasta gigi yang aman untuk anak 2 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *