Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Kuning – Gigi merupakan salah satu penunjang penampilan, sehingga apabila ketika tertawa atau berbicara, pandangan orang akan tertuju ke arah gigi lawan bicara. Gigi kuning menjadi masalah bagi setiap orang karena akan membuat penampilan menjadi tidak menarik. Sehingga, banyak orang yang berusaha untuk menjadikan giginya menjadi lebih putih. Biasanya mereka memilih cara alami maupun melalui cara instan yang tentunya membutuhkan biaya yang cukup merogoh kocek dalam-dalam. Berikut adalah penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya.

penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya
Pic Source: Pixabay.com

Penyebab Gigi Kuning Permanen

Ada banyak penyebab gigi kuning permanen dan berkarang. Ternyata, ada banyak hal yang tidak kita sadari dan sering kita lakukan sehingga menyebabkan gigi menjadi kuning dan berkarang. Ada pula beberapa makanan yang membuat gigi kuning dan sering kita konsumsi. Di bawah ini, ada beberapa penyebab gigi kuning pada anak dan cara mengatasinya:

1) Malas Menggosok Gigi

Gigi yang kuning dapat disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya yaitu perilaku yang malas membersihkan gigi seperti menyikat gigi setelah makan, malas berkumur, dan mengkonsumsi makanan yang membuat gigi kuning.

Sebagian besar orang kurang peduli dengan kebersihan gigi masing-masing. Gigi yang jarang dibersihkan akan menyebabkan berkembangnya karang gigi akibat timbunan sisa-sisa makanan, terlebih lagi makanan dan minuman yang bersifat manis, panas atau dingin.

Sebagian besar masalah gigi kuning disebabkan oleh perilaku malas membersihkan gigi. Akibat yang terparah dari perilaku malas membersihkan gigi ini adalah gigi menjadi hitam dan bolong karena dimakan kuman di dalam mulut.

2) Merokok

Selain itu, gigi kuning disebabkan oleh gaya hidup yang sering kita lakukan. Merokok dapat menyebabkan gigi menjadi kuning bahkan menjadi rusak karena kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok menimbulkan asam dalam mulut. Nikotin tersebut kemudian menempel pada gigi, sehingga gigi menjadi kuning dan bahkan timbul plak beserta karang. Selain menyebabkan kerusakan gigi dan gigi menjadi kuning, rokok juga dapat mengganggu kesehatan mulut dan menyebabkan bau mulut.

3) Kopi, Teh, Minuman Bersoda dan Minuman Beralkohol

Penyebab gigi menjadi kuning selanjutnya adalah kopi dan teh, minuman bersoda serta minuman yang mengandung alkohol. Meminum kopi dan teh dalam takaran yang wajar pada dasarnya dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Namun kandungan warna dalam teh dan kopi menyebabkan gigi menjadi kuning bahkan menghitam.

 Selain itu, meminum minuman bersoda atau minuman beralkohol dapat menyebabkan elemel pada gigi menjadi terkikis sehingga gigi menjadi rusak. Jadi, bukan hanya makanan yang membuat gigi kuning saja, ternyata beberapa minuman juga berpotensi membuat warna gigi berubah menjadi kuning dan menghitam.

4) Makanan Manis

Terlalu sering mengkonsumsi makanan manis seperti permen karet, cokelat, kue, dan sebagainya juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning, karena kandungan gula pada makanan tersebut sehingga menimbulkan sakit gigi dan gigi menguning.

Oleh karena itu, hindari makanan yang menyebabkan gigi kuning dan pilih makanan yang membuat gigi putih yang lebih sehat seperti sayur mayur dan buah-buahan. Lengkapi pula makanan sehat Anda dengan segelas susu setiap hari untuk menjaga gigi tetap kuat.

5) Faktor Genetik atau Keturunan

Faktor genetik atau faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab gigi kuning. Artinya apabila salah satu atau kedua orang tua mempunyai gigi yang kuning, maka keturunannya akan memiliki gigi yang kuning pula. Atau dalam kasus ini bisa disebut email gigi pada dasarnya berwarna kuning.

6) Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning, terutama obat-obatan jenis antibiotik. Selain itu, penyakit diabetes dan masa kehamilan sering juga menjadi faktor penyebab gigi menjadi kuning.

7) Langsung Menggosok Gigi Setelah Makan

Terlalu sering langsung menggosok gigi setelah memakan makanan yang manis lama-kelamaan akan menyebabkan gigi menjadi kuning. Setelah memakan makanan yang manis, mulut akan menjadi asam, kemudian enamel akan menetralkan rasa asam di mulut. Oleh karena itu, apabila kita terlalu terburu-buru menyikat gigi setelah memakan makanan yang manis, maka enamel yang seharusnya melindungi gigi dari bakteri akan terbuang.

Minum dulu segelas air dan biarkan selama beberapa saat agar zat-zat yang ada pada mulut netral. Setelah itu, mulai membersihkan gigi tanpa menggunakan pasta gigi agar tidak merusak enamel gigi.

8) Klorin pada Air Kolam Renang

Gigi kuning dapat pula disebabkan olah kandungan klorin yang tinggi dalam air di kolam renang. Banyak atlet renang yang mengalami kerusakan gigi dan gigi menjadi kuning akibat sering berlatih di kolam renang. Tingginya kandungan klorin pada air kolam renang akan menurunkan kadar pH air sehingga air kolam akan bersifat sangat asam. Oleh karena itu, sangat perlu diperhatikan untuk selalu menyikat gigi setelah berenang.

9) Obat Mata

Selain itu, penggunaan obat mata juga dapat menyebabkan gigi menjadi lebih kuning. Obat mata mengandung zat kimia yang dapat mengurangi produksi saliva. Padahal saliva tersebut sangat berguna untuk menetralkan kadar asam dalam mulut. Akibat produksi saliva yang berkurang, tingkat keasaman mulut akan meningkat sehingga bakteri akan mudah berkembang biak dan menyebabkan gigi menjadi lebih kuning.

10) Faktor Penuaan

Faktor penuaan juga menjadi penyebab yang sering ditemukan yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Selama dalam jangka waktu tertentu, semakin lama akan semakin banyak stain atau bahan yang melekat pada permukaan gigi terluar yang disebut email gigi. Apabila lapisan stain yang melekat pada email gigi terlalu banyak, maka email gigi akan tertutupi sehingga gigi akan terlihat menjadi lebih kuning.

Cara Mengatasi Gigi Kuning

Setelah mengetahui penyebab gigi berwarna kuning, selanjutnya yang perlu diketahui adalah cara mengatasi gigi kuning dan mengembalikan warna putih asli gigi. Sekarang, mari kita bahas lebih lanjut tentang penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya dengan bahan alami yang ada di sekitar kita. Antara lain sebagai berikut:

1) Cengkeh dan Daun Sirih

Cengkeh dan daun sirih digunanakan oleh orang jaman dulu untuk mengatasi gigi kuning atau disebut dengan Nginang. Cara menggunakannya adalah dengan menggosokkan cengkeh dan daun sirih tersebut langsung ke gigi. Selain dapat membersihkan gigi dan mengatasi masalah gigi yang menguning, Nginang juga bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan gigi. Cara ini telah terbukti dengan banyaknya orang tua yang sudah lama Nginang dan kini di masa tuanya giginya masih banyak yang utuh.

2) Strawberry

Cara mengatasi gigi kuning yang lebih mudah dan mengasyikkan adalah dengan menggunakan strawberry. Terlebih dahulu haluskan strawberry tersebut, kemudian gosokkan ke gigi. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3) Arang Kayu

Menggunakan arang kayu juga dapat mengatasi gigi kuning dengan cara menggosokkan secara langsung arang tersebut pada gigi. Namun menggosok gigi menggunakan arang juga jangan terlalu sering karena dapat merusak email gigi. Penggunaan arang untuk meyikat gigi ini juga harus berhati-hati agar arang tersebut tidak tertelan. Karena apabila tertelan, maka zat tersebut akan sangat berbahaya bagi tubuh karena mengandung zat karsinogenik atau zat yang memicu kanker.

4) Garam dan Jeruk Nipis

Selain itu, garam dan jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gigi kuning. Caranya sangat mudah, campurkan garam dan air jeruk nipis hingga mengental seperti pasta gigi, kemudian gosokkan ke gigi. Namun, tidak dianjurkan terlalu sering menggunakan garam untuk mengatasi gigi kuning, karena garam dapat merusak gigi.

5) Kayu Siwak Arab

Menggosok gigi secara teratur dengan menggunakan kayu siwak Arab juga dapat mengatasi gigi kuning dan bahkan mengatasi bau mulut. Cara ini telah banyak dilakukan oleh umat islam dari jaman dahulu hingga sekarang.

6. Baking Soda

Dalam mengatasi gigi kuning dapat menggunakan baking soda. Cara menggunakannya adalah dengan mencampur baking soda dengan air perasan jeruk nipis, lalu gosok gigi menggunakan air campuran tersebut. Kemudian diamkan selama lima menit dan bilas dengan air, maka gigi akan tampak lebih putih.

Dari beberapa uraian mengenai penyebab gigi kuning dan cara mengatasi gigi kuning tersebut, masalah gigi kuning pada dasarnya dapat diatasi dengan cara alami. Namun membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk mencapai hasil yang maksimal. Gigi yang sudah menjadi kuning sulit untuk diubah menjadi putih kembali jika hanya digosok saja. Perlu kamu tahu bahwa warna kuning pada gigi tidak hanya di bagian luar gigi saja, tetapi terserap hingga ke bagian dalam gigi.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Upaya untuk memutihkan gigi dapat sejalan dengan upaya untuk mengatasi gigi kuning. Untuk itu, cara yang digunakan untuk mengatasi gigi kuning hampir sama dengan upaya untuk memutihkan gigi. Berikut adalah cara memutihkan gigi selain dari cara untuk mengatasi gigi kuning yang telah disebutkan sebelumnya.

1) Menggosok Gigi Minimal 30 Menit Setelah Makan

Memberikan jeda waktu minimal 30 menit setelah makan untuk menggosok gigi. Terutama setelah memakan makanan yang bersifat manis atau asam. Karena, menggosok gigi langsung setelah makan akan mengembalikan gula atau asam tersebut pada gigi. Jika menggosok gigi terlalu terburu-buru setelah makan, gigi tidak hanya akan menjadi lebih bersih, namun juga menjadi lebih kuning.

2) Kulit Jeruk dan Kulit Pisang

Menggunanakan kulit jeruk dan kulit pisang juga dapat dugunakan untuk memutihkan gigi. Bagian kulit yang digunakan adalah bagian dalam kulit. Gosokkan kulit jeruk atau kulit pisang selama beberapa hari berturut-turut, maka gigi akan menjadi putih. Sebelum menggunakan kulit jeruk atau kulit pisang, jangan lupa untuk membersihkan kulit tersebut terlebih dahulu.

3) Buah dan Sayur

Menggunakan buah dan sayuran seperti apel, wortel dan seledri juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi karena dapat membersihkan gigi dengan baik tanpa merusak enamel gigi. Mengatasi gigi kuning dengan menggunakan sayur dan buah ini lebih dianjurkan karena lebih menyehatkan bukan hanya gigi dan mulut, namun juga seluruh tubuh.

4) Minyak Mustard dan Garam

Menggosok gigi dengan menggunakan minyak mustard dan garam sebanyak sebulan sekali juga dapat memutihkan gigi. Karena minyak mustard dan garam dapat membantu membersihkan warna makanan dan plak yang menempel di gigi. Kita dapat menggunakan jari tangan atau kapas sebagai media untuk menggosok gigi menggunanakan minyak mustard dan garam tersebut.

5) Obat Kumur

Cara yang umum digunakan untuk memutihkan gigi yaitu dengan menggunakan obat kumur. Menggunakan obat kumur selain dapat memutihkan gigi, tetapi juga dapat membuat nafas menjadi lebih segar. Namun pilihlah obat kumur yang tidak berwarna, karena obat kumur yang berwarna justru akan menjadikan warna gigi menjadi lebih gelap.

6) Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi dengan cara mengkombinasikannya dengan bahan lain seperti baking soda. Campurkan minyak kelapa dan baking soda lalu aduk hingga rata. Jadikan komposisi bahan tersebut menjadi seperti pasta gigi. Kombinasi bahan tersebut dapat pula digunakan untuk membersihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.

7) Bleaching Gigi

Selain mengetahui cara memutihkan gigi dengan baking soda, garam, atau cara alami lain, kita pun bisa berkonsultasi dengan dokter gigi dan memilih perawatan yang disebut dengan bleaching gigi. Ini merupakan proses perawatan yang dilakukan oleh Dokter Gigi untuk mengembalikan warna putih gigi.

Prosesnya sendiri agak lama, memakan waktu hingga 1 jam. Proses bleaching gigi tergantung dengan tingkat kesulitan dan perawatan yang diperlukan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat video proses pemutihan gigi di Dokter Gigi di bawah ini:

Memahami penyebab gigi kuning dan cara memutihkannya dapat membantu kita untuk memperbaiki penampilan gigi sehingga dapat menunjang penampilan dengan maksimal. Gigi yang perlahan berubah menjadi kuning tidak bisa disepelekan. Karena selain dapat mengganggu penampilan juga dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut bahkan kesehatan tubuh.

Sebab, makanan yang kita makan akan dicerna dari luar terlebih dahulu di dalam mulut menggunakan gigi. Sehingga apabila gigi dalam keadaan yang tidak sehat, maka akan mencemari makanan yang akan ditelan masuk ke dalam tubuh. Akibatnya makanan yang telah tercemar tersebut akan menimbulkan gangguan penyakit. Mengenai masalah warna gigi apakah itu kuning atau putih bukanlah menjadi masalah. Karena yang terpenting adalah kesehatan gigi itu sendiri. Tidak ada gunanya memiliki gigi yang putih sementara kesehatan gigi dan mulut  tidak terjaga. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah yang lebih utama.

Semoga artikel tentang penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya dapat menjadi membuat kita lebih sadar akan kesehatan gigi dan gusi.

Incoming search terms:

  • penyebab gigi kuning dan berkarang
  • penyebab gigi kuning
  • Cara menghilangkan gigi kuning karena rokok teh kopi minuman beralkohol
  • Penyebab gigi kuni
  • penyebab gigi kun
  • mengatasi gigi kuning akibat makanan dan minuman panas
  • mengatasi gigi agar tidak kuning dan berkarang
  • kenapa gigi kok kuning bagaimana bisa putih
  • gigi kuning permanen
  • cara merawat gigi agar bersih putih tidak berkarang
  • penyebab gigi kuning sebagian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *