Penyebab Gigi Sensitif dan Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Gigi sensitif terjadi karena gusi terbuka dan lapisan dentin dibawahnya terkena rangsangan dari luar. Bagian pada dentin tersambung dengan akar dan saraf sehingga jika terkena panas atau dingin, maka akan terasa ngilu.

Tak heran jika saat anda mengkonsumsi makanan yang panas atau dingin, gigi akan terasa ngilu saat mengunyah makanan tersebut. Bahkan, saat anda harus membersihkan dengan sikat gigi pun kadang terasa ngilu. Lalu, biasanya penderita gigi sensitif pun akan merasa terganggu saat mengunyah makanan yang keras. Beruntunglah jika selama ini anda dapat mengunyah berbagai jenis makanan tanpa rasa sakit atau pun ngilu.

Beberapa orang tentu sangat tersiksa dengan kondisi gigi yang dialami. Selain dapat mengganggu aktivitas makan, gigi sensitif juga merupakan pertanda bahwa ada masalah yang serius dalam susunan gigi anda. Lalu, apa penyebab gigi sensitif? Untuk memahami penyebab gigi sensitif dan perawatan yang tepat untuk gigi sensitif, permasalahan dan solusi mari kita lihat artikel kesehatan gigi di bawah ini.

Penyebab Gigi Sensitif

Secara medis, penyebab gigi sensitif terjadi karena ada lapisan dentin yang terbuka. Ini terjadi karena adanya kerusakan pada permukaan enamel gigi atau resesi gusi. Rusaknya enamel bisa terjadi karena anda menggosok gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang sangat kasar. Hal tersebut pun dapat menyebabkan terjadinya resesi (penurunan) gusi. Oleh karena itu, perhatikan sikat gigi yang anda gunakan setiap hari.

Ada beberapa hal yang menyebabkan gigi sensitif, seperti:

  • Radang Gusi
  • Gigi Berlubang
  • Plak atau Karang Gigi
  • Menyikat Gigi terlalu keras
  • Makanan atau Minuman yang mengandung Asam tinggi

Namun pada beberapa kasus, perawatan gigi yang anda lakukan juga ternyata bisa menjadi salah satu pemicu gigi sensitif. Proses bleaching atau pemutihan gigi pun kerap menimbulkan efek samping karena lapisan dentin terbuka.

Selain itu, masih ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya gigi sensitif. Berikut uraian lengkapnya!

Produk Perawatan Gigi yang Anda Gunakan

Mungkin kita tak akan pernah mengira bahwa ternyata, beberapa produk kesehatan gigi ternyata justru dapat menjadi pemicu gigi sensitif. Meski kasus ini terbilang jarang, namun beberapa orang mengalaminya karena tidak cocok dengan suatu produk tertentu.

Ada merk pasta gigi yang mengandung baking soda dengan campuran peroksida yang dapat memperparah gigi sensitif. Dalam kasus ini, biasanya kondisi gigi sensitif tersebut hanya sementara. Selama anda tidak menggunakan produk tersebut, maka tak perlu khawatir jika gigi anda kambuh dan ngilu lagi.

Perawatan gigi yang dilakukan pun dapat menjadi penyebab gigi ngilu. Beberapa orang bahkan merasa bahwa mereka memiliki gigi sensitif setelah ditambal. Namun anda tak perlu khawatir karena kondisi tersebut hanya sementara. Setelah perawatan gigi selesai, maka pasien tak akan merasakan hal tersebut lagi.

Gigi yang Pecah

Bagi orang yang mengalami gigi patah, maka lapisan dentin dapat terpapar berbagai zat yang anda konsumsi. Tak heran jika saat mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin, anda akan merasa ngilu tak tertahankan. Dalam kasus ini, cara mengatasinya adalah dengan melakukan tambal gigi dengan metode crown.

Terkikisnya Lapisan Enamel Gigi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lapisan pelindung gigi terkikis. Salah satunya adalah karena menggeertakkan gigi terlalu sering. Beberapa orang menggeretakkan gigi saat tidur tanpa mereka sadari. Jika dilakukan secara terus menerus, maka lapisan pelindung gigi dapat terkikis dan lapisan dentin pun terbuka.

Faktor lain adalah penggunaan obat kumur atau mouthwash gigi secara berlebihan. Banyak orang yang tidak tahu tentang kandungan pada mouthwash. Jika anda menggunakan obat kumur gigi yang mengandung zat asam, maka disarankan untuk mengganti dengan produk lain atau mengurangi penggunaan mouthwash. Zat asam bersifat sangat keras dan dapat menghancurkan lapisan gigi secara perlahan. Jika tidak disadari, lapisan gigi dapat terkikis dan menjadi penyebab gigi ngilu.

Penyusutan Gusi

Perlu diketahui bahwa lapisan dentin ada di dalam gigi – mulai dari permukaan hingga akar gigi yang tertanam pada gusi. Jika terjadi penyusutan gusi, maka lapisan dentin dapat terbuka. Padahal lapisan ini terkoneksi dengan semua saraf pada gigi. Jika gusi anda menyusut, bagian gigi yang sensitif dapat terbuka dan akan terasa ngilu saat terkena rangsangan dari luar.

Resesi pada gusi pun dapat terjadi karena penderita salah dalam memahami cara menyikat gigi yang benar. Jika terlalu keras menekan gusi, atau menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras, maka hal tersebut dapat membuat posisi gusi menjadi turun.

Gigi yang Rusak atau Busuk

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa gigi yang rusak dan tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyiksa penderitanya. Selain terjadi pembusukan atau kerusakan gigi, jika dibiarkan maka gigi yang rusak tersebut dapat menyiksa anda saat mengkonsumsi makanan yang dingin atau super panas.

Gigi yang rusak dapat terjadi karena adanya pembiaran pada plak gigi atau bahkan saat gigi berlubang. Jika tidak dilakukan perawatan pada gigi yang rusak, maka dapat memperparah kondisi kesehatan gigi anda.

Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Kita perlu sadar bahwa makanan atau minuman yang dikonsumsi pun dapat menjadi penyebab gigi sensitif. Sama halnya dengan mouthwash, makanan atau minuman yang mengandung zat asam tinggi pun dapat mengikis lapisan enamel gigi. Selain itu, makanan yang terlalu panas pun dapat mengikis kekuatan gigi.

Demikian beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya gigi sensitif. Kini, saatnya mengetahui cara mengatasi gigi sensitif agar anda tahu apa yang harus dilakukan saat gigi terasa ngilu saat makan atau minum.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Sensitif

Kami menyarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terbaik di kota anda. Dengan demikian, akan ada rujukan dan perawatan yang tepat untuk mengatasi gejala gigi sensitif. Tips mengatasi gigi ngilu yang bisa dilakukan di rumah:

  • Gunakan Sikat Gigi dengan Bulu yang Lembut
  • Gunakan Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif
  • Menjaga Kesehatan Gigi
  • Seleksi Makanan atau Minuman yang Dikonsumsi
  • Mencoba Obat Gigi Ngilu di Apotik

Gunakan Sikat Gigi dengan Bulu yang Lembut

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti sikat gigi yang lama dengan sikat gigi baru. Kali ini, pilih sikat gigi yang memiliki bulu halus pada ujungnya. Ini penting karena saat gigi ngilu, itu berarti gigi anda sangat sensitif terhadap gesekan dengan sikat gigi yang memiliki bulu yang keras. Untuk mengurangi rasa ngilu saat sedang menggosok gigi, pilih sikat dengan bulu halus agar lebih nyaman.

Gunakan Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif

Sensodyne merupakan produk pasta gigi sensitif terbaik saat ini karena anda dapat memilih pasta gigi untuk gigi sensitif yang sesuai dengan kebutuhan. Sensodyne dapat meredakan ngilu dalam waktu yang cepat. Selain itu, pasta gigi ini pun dapat memberikan perlindungan maksimal untuk gigi yang sensitif. Bahkan bukan untuk gigi sensitif saja, formula yang terkandung pada Sensodyne juga memberikan perlindungan maksimum terhadap gigi yang bolong. Ada pun beberapa varian yang bisa dipilih, seperti Fresh Mint, Cool Gel, atau Original. Anda dapat memilih harga obat gigi sensitif yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Menjaga Kesehatan Gigi

Mulailah untuk menerapkan hidup sehat, terutama pada masalah kesehatan gigi. Jika selama ini anda tak acuh dengan kesehatan gigi dan mulut, mulailah dengan mengamati struktur gigi anda. Apakah ada yang berlubang? Apakah ada yang perlu dicabut? Dan apakah anda membutuhkan perawatan gigi secara berkala dengan dokter gigi?

Dengan demikian, anda dapat mengantisipasi gejala gigi ngilu dan menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan. Jangan pernah menyepelekan kesehatan gigi dan mulut karena kedua bagian tersebut sangat penting dalam menunjang kenyamanan hidup kita.

Selektif Terhadap Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Cara untuk mengatasi gigi ngilu yang selanjutnya adalah dengan memilih makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Selama ini kita tak pernah sadar bahwa kombinasi makanan yang panas dan minuman yang dingin dapat merusak eleman gigi lebih cepat. Kurangi gabungan kedua jenis makanan dan minuman yang panas dan dingin.

Kurangi juga makanan yang mengandung zat asam tinggi karena dapat merusak permukaan gigi. Begitu juga dengan susu, bahkan Nabi pun berpesan untuk meminum segelas air putih sesaat setelah meminum susu agar tidak ada zat yang tertinggal dan menempel pada permukaan gigi.

Obat Gigi Sensitif

Ada beberapa obat gigi sensitif terbaik yang dijual bebas di apotik. Namun kami tidak menyarankan untuk membeli obat sakit gigi tanpa resep dokter. Akan lebih baik bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter gigi dan meminta rekomendasi obat sakit gigi sensitif yang sesuai resep dokter. Dengan demikian, penderita akan mendapatkan obat gigi sensitif yang tepat dan sesuai dosis.

Ada pun obat tradisional untuk mengobati sakit gigi ngilu. Dalam artikel ini, kami tidak akan menjelaskan secara lengkap tentang obat tradisional untuk gigi sensitif. Anda dapat melihat uraian lengkapnya di artikel ini:

Baca juga: Obat Sakit Gigi Ngilu yang Alami

Beberapa orang menggunakan bahan tradisional untuk mengatasi gigi sensitif. Berikut cara mengatasi gigi ngilu secara alami:

Menggunakan Bawang Putih

Cara mengatasi gigi ngilu alami yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa bawang putih mengandung enzim yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Anda dapat mencampurkan sedikit garam pada bawang putih, lalu kunyah atau tumbuh dan tempelkan pada gigi yang sakit.

Es Batu

Pada beberapa kasus, obat gigi ngilu dan gusi bengkak dapat diatasi dengan kompres es batu. Namun, anda hanya diperbolehkan menggunakan es batu untuk mengompres bagian luar – pada pipi yang bengkak. Suhu dingin tersebut dapat menghentikan rasa ngilu secara sesaat.

Air Garam

Ini merupakan cara tradisional mengatasi gigi ngilu yang sudah sering digunakan sejak jaman dahulu. Air hangat dicampur dengan garam agar larut, dan gunakan untuk kumur setiap pagi dan sore hari secara rutin.

Dengan mencoba beberapa obat dan perawatan gigi ngilu tersebut, maka anda dapat mengatasi permasalahan gigi ngilu di rumah. Namun jika kondisi tersebut kian parah, jangan sungkan untuk menemui Dokter Gigi terbaik di kota anda. Umumnya dokter akan memberikan beberapa perawatan gigi, seperti:

  • Bedah Gusi

Tindakan ini dilakukan jika terjadi resesi gusi. Operasi bedah gusi dilakukan untuk menutup akar gigi yang terbuka. Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Gigi mengenai tindakan bedah gusi.

  • Pemberian Flouride

Email gigi yang rentan dan menipis membutuhkan zat tambahan yang dapat menjaga kekuatan lapisan luar. Dokter Gigi biasanya akan memberikan resep setelah melakukan tindakan pemberian fluoride – dokter akan mengoleskan Flouride pada gigi sensitif anda.

  • Root Canal

Jika masalah gigi sensitif yang anda alami sangat parah dan tidak sembuh dengan perawatan lain, maka Root Canal atau perawatan pada pulpa gigi akan dilakukan. Prosedur ini dilakukan jika gigi masih terasa ngilu meski anda sudah melakukan beberapa perawatan gigi sensitif.

  • Bonding Resin

Tindakan ini dilakukan hanya jika ada lapisan akar gigi yang terbuka dan gusi yang terkelupas. Pasien akan dibius lokal, yakni pada gusi atau gigi yang sakit. Proses bonding resin sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung kondisi gigi yang harus dirawat.

Demikian informasi dari forumdoktergigi.com yang dapat kami sampaikan mengenai gigi sensitif. Semoga bermanfaat untuk pembaca!

Incoming search terms:

  • obat gigi sensitif di apotik
  • gigi rusak dengan sensodyne
  • Merk Obat untuk mengatasi gusi terkikis
  • obat apotik untuk gigi sensitif
  • Obat gigi se

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *