Syarat Kesehatan Gigi Masuk TNI dan Polisi

Syarat kesehatan gigi masuk TNI – Siapa yang tak ingin menjadi seorang perwira TNI atau Polisi? Dari sekian banyak cita-cita anak Indonesia, TNI dan Polisi ada di urutan teratas. Ini membuktikan bahwa TNI dan juga Polisi merupakan pekerjaan idaman orang Indonesia. Namun sayangnya, banyak dari mereka yang gagal menjadi perwira TNI atau Polisi karena tak bisa memenuhi persyaratan untuk menjadi TNI dan Polisi. Tentu hal ini sangat mengecewakan dan patut untuk disesali.

Menjadi TNI dan Polisi membutuhkan persiapan yang matang, bahkan disarankan jauh-jauh hari sebelum Anda mendaftarkan diri. Bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya menjadi seorang TNI atau Polisi, disarankan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Tentara Nasional Indonesia mewajibkan semua calonnya untuk memiliki kesehatan tubuh yang baik, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Sudah banyak orang yang gagal menjadi tentara karena masalah kesehatan gigi.

Perlu diketahui bahwa syarat kesehatan gigi masuk Polisi dan TNI tak jauh berbeda, keduanya mewajibkan para calon untuk memiliki kesehatan gigi yang baik. Standar gigi untuk masuk TNI cukup mudah, yang penting gigi rata, rapi, putih, bersih dan tidak berlubang. Begitu pula persyaratan gigi masuk Polisi, tidak ada kriteria khusus yang diwajibkan karena yang penting gigi tumbuh rapi dan tidak berlubang.

Tes Kesehatan TNI Meliputi

Untuk menjadi seorang tentara, ada beberapa tahap tes yang harus dijalani. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk mengetahui tes yang akan dijalani sebelum mendaftar. Selain tes akademik, ada 2 jenis tes kesehatan yang harus dilakukan oleh calon tentara. Tes kesehatan tersebut meliputi tes kesehatan fisik bagian luar dan tes fisik bagian dalam.

Jika calon tentara tidak memiliki kualifikasi standar yang ditetapkan, sudah bisa dipastikan bahwa Anda akan gugur di tahap ini. Untuk tes kesehatan fisik bagian luar, peserta harus menanggalkan semua pakaian di sebuah ruangan yang dipenuhi dengan calon tentara lain. Di tahap ini, dokter dari tim TNI dan Polisi akan meneliti setiap jengkal bagian tubuh peserta calon tentara. Beberapa hal yang akan diperiksa meliputi seluruh tubuh, telinga dan pendengaran, mata dan penglihatan, gigi dan mulut dan tentunya kesehatan alat reproduksi.

Di artikel kali ini, kami tidak akan membahas semua prosedur tes kesehatan masuk TNI dan Polisi. Kami hanya akan membahas beberapa pertanyaan yang sering terlontar oleh para calon tentara, seperti apakah gigi berlubang bisa masuk TNI? Apakah gigi ompong bisa masuk Polisi dan TNI? Apakah gigi bolong bisa masuk TNI dan polisi? Dan beberapa pertanyaan lain seputar syarat kesehatan gigi masuk TNI, seperti apakah gigi palsu bisa masuk TNI? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami menyajikannya secara lengkap di bawah ini.

Baca juga: Syarat Gigi Masuk Polisi, Gigi Ompong Tidak Rata?

Apakah Gigi Berlubang Bisa Masuk TNI?

Jika itu merupakan pertanyaan Anda, maka jawabnya adalah masih bisa. Gigi berlubang bukan penghalang bagi calon peserta yang ingin menjadi seorang TNI atau Polisi. Tapi tentu saja sebelum masa pendaftaran, Anda harus memperbaiki kondisi gigi yang berlubang tersebut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi terbaik mengenai perawatan gigi yang diperlukan untuk memperbaiki mahkota gigi yang berlubang.

Biasanya dokter akan melakukan tindakan medis berupa tambal gigi. Ini sekalian menjawab pertanyaan seputar syarat kesehatan gigi masuk TNI, seperti ‘apakah gigi tambalan bisa masuk TNI dan Polisi?’ Anda masih memiliki potensi untuk diterima meski hasil tes kesehatan sepenuhnya merupakan hak prerogatif tim medis dari Polri. Jika ada kandidat lain yang memiliki kualifikasi yang lebih baik, tentu Anda akan kalah dengan pesaing lain.

Apakah Gigi Ompong Bisa Masuk TNI?

Pertanyaan lain yang sering diajukan adalah tentang gigi ompong. Melihat syarat kesehatan gigi masuk TNI, tentu orang yang giginya ompong tidak bisa masuk TNI. Seorang tentara harus memiliki struktur gigi yang lengkap dan baik, tidak boleh ada yang tanggal atau ompong.

Namun jika Anda memiliki gigi yang sudah dicabut atau ompong di bagian depan, ompong belakang atau ompong gigi geraham, Anda masih memiliki kesempatan untuk menjadi tentara atau polisi jika Anda menggunakan gigi palsu. Anda pun harus berkonsultasi dengan dokter gigi terbaik tentang prosedur tanam gigi atau penggunaan gigi palsu. Menggunakan gigi palsu diperbolehkan bagi calon tentara atau polisi. Jadi, jika Anda memiliki gigi yang ompong, Anda bisa menggunakan gigi palsu agar bisa masuk TNI.

Apakah Gigi Gingsul Bisa Masuk TNI?

Terakhir adalah pertanyaan seputar gigi gingsul. Tentu saja Anda akan gugur di tahap tes kesehatan jika memiliki gigi gingsul. Orang yang memiliki gigi gingsul tidak diperbolehkan menjadi tentara atau polisi. Alternatif terbaik adalah dengan melakukan perawatan gigi dengan menggunakan kawat gigi.

Perawatan gigi dengan kawat gigi harus dilakukan 2 atau 3 tahun sebelum pendaftaran. Pertama, gigi gingsul harus dicabut terlebih dahulu. Di tahap selanjutnya, dokter gigi akan melakukan pemasangan kawat gigi. Prosedur perawatan gigi dengan kawat gigi dilakukan selama beberapa kali pertemuan. Silahkan berkonsultasi dengan dokter gigi terdekat untuk mengetahui hasil terbaik.

Disclaimer:

Artikel ini hanya perkiraan saja. Lolos atau gugurnya calon tentara dan Polisi tergantung tim dokter dari TNI/Polri. Meskipun Anda memiliki gigi yang rapih, tetapi jika ada peserta lain yang lebih baik secara fisik, maka Anda tetap memiliki kesempatan untuk gugur.

Incoming search terms:

  • syarat fisik masuk tni
  • tes kesehatan gigi tni
  • syarat kesehatan gigi masuk tni
  • syarat fisik menjadi tni
  • standar gigi untuk masuk tni
  • syarat gigi masuk tni
  • apakah gigi tidak rata bisa masuk tni
  • https://www forumdoktergigi com/syarat-kesehatan-gigi-masuk-tni-dan-polisi/
  • tes kesehatan tni
  • apakah gigi palsu bisa masuk tni
  • gigi tidak rata bisa masuk polisi
  • syarat fisik masuk tni ad
  • apakah gigi berlubang bisa masuk tni
  • apakah gigi tambalan bisa masuk tni
  • apakah gigi gingsul bisa masuk polisi
  • apakah gigi gingsul bisa masuk tni
  • syarat fisik masuk polisi
  • gigi ompong bisa masuk tni
  • tes gigi tni
  • tes kesehatan gigi polwan
  • tes kesehatan gigi
  • tes kesehatan tni meliputi
  • syarat gigi gingsul masuk tni
  • syarat kesehatan masuk tni
  • tips lolos tes kesehatan gigi
  • contoh tes kesehatan tni
  • tes kesehatan tni meliputi apa saja
  • tes gigi
  • gigi gingsul bisa masuk tni
  • tes kesehatan masuk tni

20 thoughts on “Syarat Kesehatan Gigi Masuk TNI dan Polisi

  1. jika gigi maju kedepan sedikit apakah dan tidak terlihat jelas apakah bisa mendafaftar tni secaba ad

    1. tidak apa-apa asalkan rapih, putih, dan tidak rusak. jika berlubang dan masih bisa ditambal, masih memiliki kesempatan untuk mendaftar.

  2. jika gigi graham atas dan bawah tidak bisa menyatu saat menggigit tp hanya gigi sebelah saja,apa msh bisa masuk tni?

    1. sebenarnya, faktor masuk/tidaknya jadi TNI dipengaruhi beberapa faktor, bukan masalah gigi saja. percuma juga gigi rapi, tapi tidak lolos tes fisik.
      silahkan dicoba saja, saya hanya bisa mendoakan semoga diterima/diberi hal yang lebih baik jika tidak diterima.
      semangat!

  3. apakah Gigi renggang dan tumbuh nya hanya 2 , masih ada kesempatan lulus tes kesehatan gigi?
    Dan apa saran yang tepat jika tidak bisa?

    1. dicabut maksudnya? bisa.
      tapi kalau gigi geraha sudah dicabut 4, apakah bisa daftar TNI? sepertinya tidak bisa.

  4. Kalau gigi saya dicabut karena behel bagaimana pak?? Saran dokter yg dicabut 4 gigi dengan pencabutan berkala saat kontrol. Kebetulan gigi saya gingsul dan sedang proses perawatan. Karena syarat untuk merapihkannya harus ada gigi yg dikorbankan untuk dicabut pak. Trimaksih sebelumnya mohon dibalas ya pak

    1. kalau mau merapikan gigi dengan behel memang harus dicabut secara berkala. tujuannya untuk memasangkan pondasi kawat behel.

  5. mohon izin tanya, gigi saya lubang sebelah kiri bawah,saya sudah di dokter gigi katanya kalau di tambal gak bisa dan harus di ganti gigi palsu. lah itu menurut bapak gimana di cabut ganti gigi palsu atau gmna ,kalau pakai gigi palsu apakah masih bisa daftar tni

    1. ikuti saran dokter saja. cabut dan ganti dengan gigi palsu yang sesuai. coba saja ikuti seleksinya, nanti keputusannya ada di tangan dokter yang menangani saat seleksi. semoga beruntung dan diterima, sukses untuk masnya!

  6. numpang tanya pak.. gigi saya ada 3 yg bolong graham bawah kiri kanan bolong dan bagian atas juga bolong..dan ga bisa untuk di tambal lagi.. apa bisa jadi TNI..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *