Tips dan Syarat Menjadi Dokter Gigi

Pada umumnya profesi dokter adalah salah satu profesi yang didambakan oleh setiap orang tua pada anaknya. Dan sampai sekarang, jurusan kedokteran masih menjadi jurusan favorit yang selalu diminati oleh banyak calon mahasiswa. Bukan hanya jurusan kedokteran umum saja yang menjadi favorit, namun juga jurusan kedokteran gigi semakin banyak saja peminatnya setiap tahunnya.

Maka jangan heran jika banyak sekali lulusan SMA yang berbondong-bondong untuk dapat diterima di jurusan kedokteran gigi. Apakah Anda salah satunya? Bagi Anda yang ingin menjadi dokter gigi harus tahu beberapa hal-hal penting seputar jurusan kedokteran gigi beserta syarat menjadi dokter gigi  Di negara kita sendiri, sudah banyak universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran Gigi yang sudah terakreditasi karena melahirkan ribuan dokter gigi yang siap mengabdikan diri untuk negara kita.

GAMBAR Syarat menjadi dokter gigi

Namun sayang sekali tidak semua siswa dapat diterima di Fakultas Kedokteran Gigi bahkan lulusan Kedokteran Gigi pun juga belum tentu dapat menjadi dokter apabila tidak lulus syarat menjadi dokter gigi. Dan pada akhirnya banyak yang gagal meraih impian ini dan terpaksa harus menunda keinginan mereka untuk menjadi dokter gigi. Karena menjadi seorang dokter, baik dokter umum atau dokter gigi dibutuhkan persiapan yang matang, mental yang kuat, dan segi finansial yang mencukupi agar dapat menunjang semua kebutuhan.

Tips Masuk Kedokteran Gigi

Agar Anda dapat diterima di Fakultas Kedokteran Gigi, maka Anda harus bekerja dengan keras. Karena masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada beberapa tips masuk kedokteran gigi yang bisa Anda ikuti agar dapat memudahkan Anda yang ingin diterima di Fakultas Kedokteran Gigi.

1) Rajin belajar

Tips pertama agar Anda bisa diterima di kedokteran gigi yang paling utama adalah belajar dengan rajin. Agar Anda bisa diterima di jurusan ini, kamu akan dihadapi dengan fakta bahwa Anda akan bersaing dengan ribuan orang. Sedangkan yang diterima hanya kurang dari 10% saja. Hal yang harus Anda lakukan yaitu mempersiapkan diri dengan baik dan belajar serta mendalami materi yang bersangkutan dengan rajin. Materi yang bersangkutan antara lain matematika, biologi, fisika, dan kimia. Belajar dengan rajin harus Anda terapkan agar dapat mengasah kemampuan Anda dalam menghadapi soal-soal yang akan diujikan di SBMPTN dan Ujian Mandiri dari universitas setempat. Jika Anda ingin diterima ke jurusan ini lewat jalur undangan (SNMPTN) maka Anda sudah harus menanamkan sikap rajin belajar dari kelas 10. Hal ini harus Anda lakukan agar nilai rapot Anda dari kelas 10 selalu stabil atau bahkan lebih baik lagi terus meningkat setiap semester.

2) Cari Informasi

Sebelum Anda mendaftarkan diri ke jurusan kedokteran gigi, sebaiknya cari informasi mengenai jurusan ini sebanyak-banyaknya. Pertama, Anda dapat menargetkan terlebih dahulu Fakultas Kedokteran Gigi di universitas mana yang ingin kamu tuju. Lalu, cari informasi mengenai jurusan kedokteran gigi sebanyak-banyaknya dari universitas tersebut. Anda bisa mendapatkan informasi dari situs resmi atau bergabung dengan forum dari universitas tersebut. Cari tahu apa saja syarat dan ketentuan, passing grade, dan biaya kuliah. Setelah Anda sudah menentukan target, maka catat hal-hal penting yang harus Anda lakukan agar bisa mencapai target tersebut. Selain itu, Anda juga harus mencari tahu bagaimana keseharian mahasiswa kedokteran. Hal ini akan sangat membantu Anda agar dapat bersiap-siap dan terbiasa jika diterima di jurusan kedokteran gigi.

3) Menabung

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kuliah di jurusan kedokteran gigi pastinya akan membutuhkan banyak dana. Karena biaya pendidikan yang mahal, buku dan fasilitas di Fakultas Kedokteran tentunya membuat biaya kuliah menjadi tinggi. Jika Anda mempunyai orang tua dengan penghasilan yang minim, hal ini pastinya akan menjadi kesulitan tersendiri. Karena itulah Anda harus bisa mengatasinya dengan cara part time seperti menjadi guru les privat, wirausaha, menulis artikel, dan lain sebagainya. Dengan cara inilah Anda bisa mendapatkan yang untuk bisa ditabung agar Anda bisa membantu meringankan beban orang tua jika diterima di jurusan kedokteran gigi.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar bisa diterima di Fakultas Kedokteran Gigi. Tips tersebut tentuny harus dilakukan dengan doa, usaha, dan kedisiplinan dari diri sendiri. Sekarang kita simak biaya Fakultas Kedokteran Gigi.

Biaya Fakultas Kedokteran Gigi di Indonesia

Salah satu profesi yang sekarang semakin banyak peminatnya adalah dokter gigi. Profesi ini adalah salah satu profesi yang mulai dan membanggakan. Dokter gigi juga mempunyai penghasilan dan masa depan yang terjamin karena pekerjaan ini masih dibutuhkan oleh banyak orang sampai sekarang. Namun jika Anda ingin menjadi seorang dokter gigi maka pastinya Anda harus melewati banyak perjuangan. Bukan hanya dari segi kecerdasan namun juga segi finansial. Biaya kuliah di kedokteran gigi termasuk yang paling mahal jika dibandingkan dengan fakultas lain. Anda harus menyiapkan dana puluhan hingga ratusan juta untuk dapat berkuliah di fakultas ini.

Baca Juga: Tips Masuk Kedokteran Gigi Dengan Mudah

Di Indonesia, biaya tiap universitas akan berbeda dengan universitas lain. Contohnya di Unsoed, Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) bervariasi mulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 15.000.000,- Biasanya UKT akan ditentukan dari besar penghasilan orang tua mahasiswa. UKT FKG di Universitas Brawijaya mulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 21.500.000,-. Sedangkan untuk universitas terbaik se-Indonesia seperti Universitas Indoneisa dan Universitas Gajah Mada pada umumnya memiliki biaya yang hampir sama dengan biaya di universitas swasta.

Persyaratan Fisik Menjadi Dokter Gigi

1) Sehat jasmani dan rohani

Syarat menjadi dokter gigi yang pertama adalah memiliki tubuh yang sehat baik secara fisik maupun mental. Ini juga merupakan tips menjadi dokter gigi yang utama, karena Anda akan memeriksa pasien dan kesehatan jasmani dan rohani akan menghindari Anda dari kesalahan pada saat memeriksa pasien.

2) Tidak buta warna

Salah satu tes kesehatan masuk dokter yang harus Anda jalani agar Anda memenuhi syarat menjadi dokter gigi tes buta warna. Seorang dokter tidak boleh buta warna karena akan dihadapkan oleh berbagai organ fisik. Karena jika sampai terjadi kesalahan akibat buta warna maka akan berakibat fatal bagi si pasien.

3) Bebas Narkoba dan Obat-obatan Terlarang

Syarat fisik jadi dokter gigi yang lainnya adalah memiliki kondisi otak yang fresh dan jauh dari keadaan stress karena seorang dokter harus fokus terhadap pasien. Jika Anda sedang merasa stress maka ada kemungkinan bahwa Anda tidak bisa menentukan diagnose yang tepat dari gejala-gejala yang dimunculkan pasiennya. Oleh karena itu, calon dokter gigi pun harus bebas dari konsumsi obat-obatan terlarang.

Syarat menjadi dokter gigi yang tak kalah pentingnya adalah melaksanakan koas atau profesi, ini adalah syarat yang paling sulit karena ini adalah tahap dimana Anda akan mengaplikasikan ilmu kedokteran yang selama ini Anda pelajari di bangku kuliah. Koas adalah tahap dimana Anda sudah bertindak sebagai dokter namun masih di bawah pengawasan pembimbingnya.

Incoming search terms:

  • syarat menjadi dokter gigi
  • syarat fisik menjadi dokter gigi
  • persyaratan fisik menjadi dokter gigi
  • syarat jadi dokter gigi
  • syarat menjadi dokter
  • syarat fisik menjadi dokter
  • syarat masuk fakultas kedokteran gigi
  • syarat masuk dokter gigi
  • apa calon dokter gigi harus punya gigi bagus
  • syarat dokter gigi
  • menjadi dokter gigi
  • syarat jadi dokter
  • syarat fisik jadi dokter
  • syarat menjadi seorang dokter
  • persyaratan dokter gigi
  • persyaratan masuk kedokteran gigi
  • apakah jadi dokter gigi giginya harus rapi
  • persyaratan jadi dokter gigi
  • persyaratan masuk kesehatan gigi
  • kriteria menjadi dokter gigi
  • cara jadi dokter gigi
  • syarat fisik untuk menjadi dokter
  • yang dibutuhkan agar menjadi dokter gigi
  • persyaratan dokter gigo
  • cara menjadi dokter gifi
  • persiapan menjadi dokter gigi
  • perjalanan menjadi dr gigi
  • pelajaran yang paling penting untuk dikter gigi
  • apakah masuk dokter gigi harus tes keperawanan
  • Masuk fkg gigi harus rapi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *